Training Motivator KB

Berbekal Gadget, Muslimat NU Gaet Ribuan Akseptor KB di Brebes


MOTIVATOR KB: Hj Kusnia Nasser BSc (depan, tiga dari kanan) memberikan materi pada acara Refresh Training Motivator KB Muslimat NU di Brebes. | Foto: PCMNU Brebes

MNU Online | BREBES – Meski rata-rata berusia tak muda lagi, para ibu Muslimat NU dengan menggunakan fasilitas gadget mampu menggaet pasangan usia subur (PUS) untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB).

Lewat program “Pilihanku”, selama setahun ini mereka berhasil mengajak ribuan PUS di Kabupaten Brebes untuk memasang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

“Progresnya bagus banget,” kata Ketua Pelaksana Program Pilihanku PP Muslimat NU, Hj Kusnia Nasser BSc di sela acara Refresh Training Motivator KB Muslimat NU di Grand Dian Hotel Jalan Jenderal Sudirman Brebes, Jawa Tengah, Selasa (9/5).

“Para motivator Muslimat NU dalam perkembangannya tidak hanya sosialisasi tetapi juga menjadi pengantar, penjemput bahkan hingga menunggui sampai selesainya pemasangan alat kontrasepsi.”

(Baca: Delapan Bulan, 300 Motivator KB Muslimat NU Sisir 135.067 Calon Akseptor)

Refresh training ini, kata Kusnia, dimaksudkan untuk menggali pengalaman motivator, kendali dan kendali, serta berbagai pengalaman bagus sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan langkah berikutnya.

Kusnia mengaku bangga dengan capaian yang dilakukan para motivator Muslimat NU Brebes. Tidak harus dengan dana yang besar, ternyata ajakan dari para motivator mampu merubah perilaku PUS. Yang tidak peduli jadi peduli, yang acuh jadi semangat. “Muslimat bisa menjadi penangkal hoax tentang KB,” pujinya.

Dalam praktiknya, lanjut Kusnia, sebanyak 60 motivator Muslimat NU tidak sekadar memberi saran, mengajak atau memotivasi PUS tetapi juga melakukan aksi turun ke lapangan dengan semangat membara.

(Baca: Pelatihan Selesai, Motivator KB Muslimat NU Langsung Sisir Calon Akseptor)

Kusnia yang juga Wakil Ketua II (Korbid Kesehatan) PP Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKMNU) mengatakan program ini akan berakhir pada Oktober 2017. Untuk itu kepada Pemkab Brebes dipersilakan untuk memanfaatkan keberadaan motivator KB Muslimat NU untuk menyukseskan program KB.

Sebab, BKKBN Pusat, lanjutnya, Indonesia membutuhkan 85.000 Penyuluh Lapangan KB (PLKB). Sedangkan PLKB yang dimiliki pemerintah berkisar antara 15-20 ribu orang penyuluh, sehingga kekurangan 65 ribu PLKB.

“Kehadiran Motivator di tengah-tengah masyarakat perlu dirawat dan dijaga keberlanjutan kerjanya,” tandasnya.

Selain di Brebes para motivator KB Muslimat NU yang dibekali tablet ini juga tersebar di Cilacap, Klaten, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Bantu Kinerja PLKB

Sementara Kepala DP3KB (Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Keluarga Berencana) Khambali mengaku bangga dengan adanya motivator Muslimat NU, karena bisa membantu PLKB dalam menyukseskan program KB.

“Terbukti, Muslimat NU selalu menjadi juara 1 dalam perolehan akseptor KB tingkat Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

(Baca: Kader Muslimat NU Cilacap Ikuti Pelatihan Motivator KB Lewat Aplikasi “Skata”)

Ketua PC Muslimat NU Brebes, Hj Chulasoh menambahkan, 60 motivator direkrut dari anggota PC Muslimat NU yang tersebar di 17 Kecamatan Brebes. Tugas pokok utama hanya menyosialisasikan dan mengajak akseptor untuk ber-KB.

“Mereka dibekali tablet yang sudah diisi aplikasi tertentu. Sehingga motivator bisa menggunakannya secara intensif,” katanya.

Selain itu metode ceramah di pengajian, perkumpulan PKK dan dasa wisma menjadi tempat yang dimanfaatkan oleh ibu-ibu Muslimat untuk melakukan ajakan ber KB.• wasdiun

Baca juga

Muslimat NU Sumbar Beri Penghargaan Cabang Berprestasi

MNU Online | PADANG – PW Muslimat NU Sumatera Barat (Sumbar) mengapresiasi penuh pimpinan cabang …

Watch Dragon ball super