Muslimat NU Jatim

Dari Orientasi KIE Kespro Catin, Siapkan Workshop LKKM


KIE KESPRO CATIN: Orientasi KIE Kespro Catin yang digelar Dinas Kesehatan Pemprov Jatim di Surabaya, 10-12 Juli. | Foto: PWMNU Jatim

MNU Online | SURABAYA – Selama tiga hari, 10-12 Juli, PW Muslimat NU Jatim mengikuti orientasi KIE Kespro Catin (Komunikasi, Informasi dan Edukasi Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin) yang digelar Dinas Kesehatan Pemprov Jatim.

Hasil dari orientasi ini akan ditindaklanjuti dengan mengadakan Workshop Layanan dan Konsultasi Keluarga Maslahah (LKKM). “Insyaallah akan dilaksanakan pada Agustus 2017, disamping program ini memang hasil dari Konferwil,” ujar Sekretaris PWMNU Jatim, Hj Mariyam Baharuddin SH, Kamis (13/7).

(Baca: Perdana, Muslimat NU Jatim Berangkatkan Jamaah Umroh)

Menurut Mariyam, kegiatan orientasi KIE Kespro Catin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya pasangan calon pengantin atau remaja tentang kesehatan reproduksi.

“Jadi kegiatan ini adalah sosialisasi konsep dan tujuan KIE Kespro Catin. Selain itu juga sosialisasi terkait pelaksanaan kursus pra-nikah, sekaligus informasi pentingnya persiapan kejiwaan dalam pembentukan keluarga dan pengasuhan dalam keluarga,” paparnya.

(Baca: Penguatan Layanan, Muslimat NU Jatim Gelar Workshop Selama Dua Hari)

Dalam orientasi tersebut, lanjut Mariyam, juga dibahas penyebab kematian ibu melahirkan yang banyak dipengarui antara lain dari kondisi kesehatan sang ibu, sumberdaya kesehatan, sarana dan fasilitas layanan, sosial budaya dan sebagainya.

“Karena itu masyarakat perlu turut serta menurunkan jumlah kematian ibu melahirkan. Ibu hamil perlu persiapan yang cukup untuk menghadapi proses kelahiran baik materi, kesiapan fisik dan mentalnya,” tandasnya.• nur

Baca juga

Muslimat NU Sumbar Beri Penghargaan Cabang Berprestasi

MNU Online | PADANG – PW Muslimat NU Sumatera Barat (Sumbar) mengapresiasi penuh pimpinan cabang …

Watch Dragon ball super