Hatta Kucurkan Rp 500 Juta untuk Modal Usaha Muslimat NU

aaaJAKARTA-Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian bersama Organisasi Muslimat Nahdlatul Ulama menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) untuk pelatihan kewirausahaan. Tak cuma pendidikan, nantinya juga akan dibagikan modal usaha Rp 500 juta tanpa agunan kepada anggota organisasi yang kebanyakan ibu-ibu itu.

Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menyatakan, banyak anggotanya yang berminat untuk wirausaha. Akan tetapi, mereka tak punya akses terhadap modal. Pengetahuan memadai soal cara mengemas produk dan memasarkannya juga tak dimiliki.

Mirisnya lagi, banyak perempuan dari kalangan Nahdliyin yang bekerja di sektor pertanian, tapi tak mampu mengolah hasil bumi mereka jadi produk bernilai tambah.


“Makanya, ikhtiar kita mengubah keadaan ini kerja sama edukasi di bidang kewirausahaan bersama Kemenko Perekonomian. Pelatihan akan diberikan hingga 9 bulan ke depan,” ujarnya di sela-sela penandatanganan MoU di Jakarta, Selasa (25/3).

Di acara yang sama, Menko Perekonomian Hatta Rajasa berjanji akan memerintahkan anak buahnya secara maksimal memberikan pelatihan. Targetnya, kaum ibu dari Muslimat NU mengetahui cara membuat proposal bisnis.

Ide wirausaha terbaik, akan diberikan modal usaha itu. “Mungkin 5 paket atau 10 paket untuk business plan terbaik, jumlahnya Rp 500 juta. Saya minta ini dibina, saya sungguh berharap lahir pengusaha-pengusaha tangguh dari Muslimat NU,” kata Hatta.

Akses permodalan itu bisa juga dialirkan lewat koperasi atau bank mikro dikelola Muslimat NU. Hatta menegaskan pengusaha perempuan terbukti memiliki daya tahan lebih baik dalam berwirausaha.

Itu berkaca pada kesuksesan program Muhammad Yunus di Bangladesh dalam mengembangkan Grameen Bank yang memberi pinjaman lunak pada kaum ibu. Karenanya, modal Rp 500 juta yang diberikan kepada Muslimat NU, kata Politikus PAN ini, tidak perlu dikembalikan.

“Di Bangladesh, pinjaman kepada perempuan menunjukkan tingkat pengembalian yang sangat baik, dan mengalami kemajuan pesat, dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga,” ungkapnya.(merdeka.com/mil)

Baca juga

Gandeng Tekomsel-Bulog, Penara Layani Keuangan Digital dan Bahan Pangan Murah

MNU Online | BANDUNG BARAT – Untuk membiasakan masyarakat melakukan transaksi non tunai, Penara (Perempuan …

Watch Dragon ball super