Khofifah Ajak Warga Muslimat NU Jadi Konsumen yang Cerdas

0-kip-1

MOU: Ketum PP Muslimat NU, Khofifah IP menekan Mou dengan Menteri Perdagangan. Thomas Lembong. | Foto: MNU Online

MNU Online | JAKARTA – PP Muslimat NU bersama sejumlah lembaga dan Ormas, di antaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) serta PP Muhammadiyah — menekan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Menteri Perdagangan, Thomas Lembong, Selasa (26/4).

MoU ini diteken bersama Kementerian Perdagangan tentang edukasi konsumen cerdas saat perayaan Hari Konsumen Nasional (Hakornas) ke-4 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Peringatan tahun ini mengambil tema “Konsumen Cerdas Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri.”

Dikonfirmasi usai acara, Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kaum perempuan dalam organisasi kemasyarakatan berbasis agama yang dipimpinnya harus menjadi konsumen yang cerdas.

0-kip-2

KONSUMEN CERDAS: MoU tentang edukasi konsumen cerdas saat perayaan ke-4 Hakornas di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. | Foto: MNU Online

“Kalau biasanya Muslimat NU ini basisnya halal tapi sekarang kita ingin halal dan sehat,” kata Khofifah yang juga menjabat Menteri Sosial RI. Sebelumnya Muslimat NU juga menandatangani MoU dengan Menteri Perdagangan yang saat itu dijabat Gita Wirjawan.

Menurut Khofifah, Muslimat NU sangat berkepentingan memberikan edukasi karena memiliki 9.800 taman kanak-kanak (TK) dan 6.400 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). “Bisa dibayangkan kalau jajanan yang dikonsumsi mereka menggunakan zat pewarna dan pengawet yang tidak aman,” katanya.

Selain itu, melalui majelis-majelis taklim Muslimat NU yang berjumlah 59.000 lebih, Khofifah berharap dapat mengedukasi untuk menyiapkan konsumen yang cerdas yang betul-betul akan memilih produk yang dikonsumsi.
“Pastikan bahwa produk yang dikonsumsi sehat. Itulah yang harus terus diedukasi,” tuntasnya. • nhp

Baca juga

Gandeng Tekomsel-Bulog, Penara Layani Keuangan Digital dan Bahan Pangan Murah

MNU Online | BANDUNG BARAT – Untuk membiasakan masyarakat melakukan transaksi non tunai, Penara (Perempuan …

Watch Dragon ball super