Harlah ke-71 Muslimat NU

Muslimat NU Majalengka Perkuat Jamiyah Lewat Kegiatan Rutin di Tingkat Ranting


PERKUAT RANTING: Hj Minatul Maula memberikan sambutan saat peringatan Harlah ke-71 di Gedung Islamic Center Majalengka. | Foto: PCMNU Majalengka

MNU Online | MAJALENGKA – Kongres XVII Muslimat NU November tahun lalu di Pondok gede, Jakarta, mengamanatkan agar penguatan organisasi dimulai dari ranting (desa/kelurahan) karena kekuatan Muslimat NU memang berasal dari ‘akar rumput’.

Sejak itu, seluruh Pimpinan Cabang (PC) kian rajin menggelar kegiatan dari ranting ke ranting. Entah untuk konsolidasi jamiyah, kegiatan sosial, Harlah, maupun acara keagamaan lainnya.

“Kegiatan difokuskan di tingkat ranting, sehingga pengurus PC bisa menyebar melakukan pembinaan melalui majelis talim,” tutur Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Majalengka, Dra Hj Minatul Maula saat peringatan Harlah ke-71 yang dirangkai dengan deklarasi Laskar Anti Narkoba di Gedung Islamic Center Majalengka, Minggu (14/5).

Hal itu dilakukan, tambah Minatul, selain sebagai ajang silaturahim juga untuk memberikan beragam informasi yang benar terhadap berbagai peristiwa terbaru, misalnya terkait pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), narkoba dan sebagainya.

(Baca: Peringatan Isra’ Mi’raj Jadi Penyemangat Perjuangan Muslimat NU)

Harlah kali ini dihadiri tak kurang dari 3.000 warga Muslimat NU se-Majalengka. Hadir pula Asisten Daerah (Asda) II Pemkab Majalengka mewakili bupati, ketua PCNU, ketua MUI, kepala kantor Kemenag, Kaporles, Dandim, PWMNU Jabar serta PBNU yang diwakili Ketua Lembaga Dakwah NU (LDNU) KH Maman Imanulhaq.

“Hari ini adalah puncak rangkaian kegiatan Harlah ke-71 yang sebelumnya diadakan berbagai lomba di antaranya barzanji dan kegiatan sosial,” terang Ketua Panitia Harlah, Dra Hj Ade Jamilah MPd.

Sedangkan Bupati H Sutrisno, dalam pidatonya yang dibacakan Asda II mengatakan, Muslimat NU sebagai Ormas terbesar diharapkan mampu menjaga keharmonisan dalam masyarakat.

“Kami sangat percaya bahwa keislaman Muslimat NU adalah Islam yang rahmatan lil ‘alamin sehingga bisa menjaga Kabupaten Majalengka lebih makmur dan damai,” kata bupati.

Bukan Sebatas Pemanis


BERKHIDMAT: Ribuan warga Muslimat NU se-Majalengka meghadiri peringatan Harlah ke-71 di Gedung Islamic Center Majalengka. | Foto: PCMNU Majalengka

Sementara itu Sekretaris PW Muslimat NU Jawa Barat, Hj Nani Muharomah yang mewakili Ketua PW Muslimat NU Jawa Barat, Dra Hj R Ella M Girikomala MMPd mengatakan, tema Harlah ‘Satukan Langkah Membangun Negeri Menjaga NKRI’ bukan sebatas pemanis atau pelengkap semata dalam spanduk maupun baliho, melainkan menjadi pedoman dalam melakukan pelbagai kegiatan pemberdayaan Muslimat NU.

“Muslimat NU berpedoman pada Al Qur’an, hadits, ijma’ dan qiyas dalam bingkai NKRI. Islamnya Muslimat NU bukan Islam tanpa tasamuh (toleran) dan tanpa kasih sayang. Islamnya muslimat adalah Islam ahlussunnah wal jamaah yang senantiasa menjaga NKRI,  bukan Islam yang menghancurkan NKRI,” katanya.

Karena itu, kata Nani — sebagaimana amanah Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi — salah satu cara untuk menjaga NKRI adalah dengan tidak menyebarkan berita fitnah alias hoax.

“Ketika kita men-share berita-berita yang isinya menghasut, penuh kebencian pada negara atau menghancurkan persatuan bangsa berarti kita tidak menjaga NKRI,” tandasnya.

(Baca: Peringati Harlah, Muslimat NU Karawang Keliling ke Seluruh Anak Cabang)

Di akhir sambutannya, Muslimat NU Jabar meminta Pemkab Majalengka agar lebih memperhatikan Muslimat NU.

“Slogan Majalengka Makmur dapat cepat terwujud karena hanya Muslimat NU yang mempunyai kepengurusan atau kepemimpinan sampai ke tingkat desa. Artinya program Pemkab dapat dikerjasamakan dan disinergikan dengan Muslimat NU,” paparnya.

Peringatan Harlah dilengkapi dengan taushiyah yang disampaikan KH Maman Imanulhaq. Dia mengingatkan Muslimat NU untuk selalu ingat dan menjaga empat pilar bangsa atau yang disingkat ‘PBNU’: Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

“Semoga ibu-ibu selalu ikhlas dalam ber-Muslimat NU, sehingga nanti di yaumil akhir kita disatukan dengan ulama-ulama NU masuk golongan ahli surga. Amin,” katanya.• nur

Baca juga

Di Penghujung Mei, Muslimat NU Karanganyar Gelar Tiga Kegiatan

MNU Online | KARANGANYAR – PC Muslimat NU Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menggelar tiga kegiatan …

Watch Dragon ball super