Langkah Nyata, Muslimat NU Resmikan Pabrik Tepung Kasava

tepung-kasava

MNU Online | PATI – Langkah nyata dalam bidang ekonomi dilakukan Muslimat Nahdlatul Ulama. Organisasi perempuan terbesar di Indonesia itu meresmikan pabrik tepung kasava di Pati Jawa Tengah, Minggu (9/6).

Untuk mengoperasikan pabrik tersebut, Muslimat mendapat dukungan dari Balai Besar Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian berupa alat produksi. Serah terima secara simbolis alat produksi itu digelar di Panti asuhan Daarul Hadhonah, Pati.

Mesin produksi tepung yang diterima Muslimat berupa alat penyawur/perajang, alat pengepres hidrolik, alat penepung dan alat pengayak.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar Litbang pasca panen Ir Rudi MT mengatakan, ketahanan pangan nasional dimulai dari keluarga. “Oleh karena itu, kerjasama dengan Muslimat NU, Organisasi Perempuan Muslimah, sangatlah strategis,” katanya.

Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pendirian dan peresmian pabrik tersebut merupakan bagian dari program Muslimat mandiri pada 2026.

“Untuk ke depannya pendampingan yang serius sangat diperlukan agar ada nilai tambah dari produksi tepung kasava,” kata menteri Pemberdayaan Perempuan era Gus Dur tersebut.

Ketua PC Muslimat NU Pati, Hj Maria Ulfa, mengucapkan terima kasih PP Muslimat NU atas beroperasi pabrik tepung kasava tersebut. Ucapan terima kasih juga diungkapkannya kepada Balai Besar Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. “Kami berharap dapat digunakan secara optimal,” katanya.

Peresmian pabrik tepung kasava tersebut dirangkai dengan pelatihan penggunaan tepung kasava menjadi aneka kue kering dan basah, serta pembuatan mie. Pelatihan yang digelar selama 2 hari tersebut diikuti oleh ibu-ibu Muslimat NU se-Karesidenan Pati. ♦ mil

Baca juga

Gandeng Tekomsel-Bulog, Penara Layani Keuangan Digital dan Bahan Pangan Murah

MNU Online | BANDUNG BARAT – Untuk membiasakan masyarakat melakukan transaksi non tunai, Penara (Perempuan …

Watch Dragon ball super