Akbid Muslimat NU Kudus Gelar “Caping Day”

MNU Online | KUDUS – Untuk mengawali perkuliahan praktik, Akademi kebidanan Muslimat NU Kudus mengadakan acara pemasangan kap profesi dan ucap janji mahasiswa yang lebih dikenal  “caping day” di Gedung balai Diklat NU Jl. Bae Kudus, Rabu (10/1). Puluhan mahasiswa semester II tahun ajaran 2011/2012 mengikuti prosesi caping day dengan penuh hidmat.

Direktur Akbid Muslimat NU Kudus Darningsih mengatakan Caping day merupakan langkah awal kegiatan praktik klinik dalam menrapkan pengetahuan, ketrampilan dan etika profesi sesuai dengan kompetensi yang diharapkan yakni memberikan asuhan kebidanan yang profesional.

“Tujuannya untuk memotivasi para mahasiswa dalam memberikan kepedulian dalam merawat pasien agar lebih siap terjun di bidang pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kesehatan kebidanan,” katanya.

Dijelaskan, Pada semseter mahasiswa akan melaksanakan praktik Ketrampilan dasar Praktik klinik (KDPK) selama 4 minggu di rumah sakit dan  semester III, melaksanakan praktik klinik kebidanan I selama 4 minggu di rumah sakit bersalin/bidan praktik swasta. Sedangkan smester IV praktik klinik kebidanan II selama 8 minggu yakni 4 minggu praktik di rumah sakit bersalin dan 4 minggu di rumah sakit.

“Kemudian semester V praktik klinik kebidanan III selama 9 minggu yaitu 9 minggu praktik di RVB/BPS, 3 minggu praktik di puskesmas dan 3 minggi di pembangunan kesehatan masyarakat desa (PKMD),”terang Darningsih.

Ketua Badan pelaksana pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama Azzahra, H Hadziq ZU mengatakan Akbid Muslimat NU kudus ini akan mencetak bidan yang memamahami proses persalinan secara islami.

“Perkuliahan di Akbid ini tidak hanya sebatas mendalami ilmu kesehatan maupun persalinan saja melainkan juga dengan pendidikan agama ,” ujarnya.

Dalam islam, tambahnya, saat proses kehamilan sudah menggunakan ritual keagamaan yang tujuannya mendoakan calon bayi dengan  membacakan al qur’an, selamatan (mitoni) maupun tasbik. Sementara dalam  persalinan, ketika bayi lahir perlu dikumandangkan adzan di telinga bayi  kemudian diadakan selametan walimatul tasniya dan aqiqoh.

“Ritual keagamaan dalam proses-proses kehamilan dan persalinan secara khusus dikenalkan kepada mahasiswa disini sehingga nanti menjadi bidan yang paham persalinan islami,” tegas Hadziq.

Pada bulan maret tahun ini, Akbid dibawah naungan BPPMNU Azzahra kudus ini akan mengikuti akreditasi. “Pada bulan Juni, akbid akan meengadakan wisuda pertama mahasiswa.Semoga saja, bisa lulus seratus persen,” pungkasnya.

Hadir dalam acara caping day, ketua PCNU Kudus KH Khusnan, Bae Masyhudi, wali mahasiswa dan tamu undangan lainnya.♦ nuol/mil

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super