Amaliyah Ramadhan, Muslimat NU Distribusikan Zakat ke Lapas

zakat-mal-3

PEMBAGIAN ZAKAT: Khofifah saat menghadiri pembagian zakat di halaman kantor PP Muslimat NU, Selasa (14/6). | Foto: MNU Online

MNU Online | JAKARTA – Setiap bulan suci Ramadhan, sejak 1992, Muslimat NU di seluruh tingkatan di Indonesia aktif menyalurkan zakat dengan prioritas pendistribusian ke lembaga pemasyarakat (lapas), khususnya lapas anak dan wanita.

“Tiap tahun di seluruh Indonesia, Muslimat NU kita dorong salah satu fokus amaliyah Ramadhan yakni ke lapas. Prioritas lapas anak dan wanita. Tapi jika di kabupaten/kota bersangkutan tak ada lapas anak dan wanita, maka mereka ke lapas dewasa atau rutan (rumah tahanan),” tutur Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa.

Penuturan Khofifah tersebut disampaikan di sela menghadiri penyaluran zakat mal keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) serta pembagian 110 kacamata untuk lansia di halaman kantor PP Muslimat NU, Jl Pengadegan Timur Raya 2, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (14/6).

Dalam kegiatan tersebut, total paket yang dibagikan yakni 1.050 sembako berisi dua kilogram (kg) beras, satu kg gula, satu liter minyak goreng, satu kaleng susu kental manis, dua pak biskuit dan satu lembar sarung.

“Setiap tahun selalu melibatkan berbagai Ormas untuk mendistribusikan zakat mal keluarga beliau,” terang Khofifah ketika ditanya soal zakat mal keluarga JK.

“Untuk Pak JK yang zakat mal di kotak itu (sembako). Di luar itu ibu-ibu Muslimat NU urunan,” tandasnya sambil menunjuk kotak berisi sembako.

Mengapa distribusi zakat Muslimat NU dikonsentrasikan di lapas? Menurut Khofifah hal itu adalah bagian dari komunikasi sosial Muslimat NU untuk mengajak mereka yang sedang berada di lapas maupun rutan.

“Kita memang mendorong Muslimat NU untuk melakuan amaliyah Ramadhan di lapas. Dan biasanya selama Ramadhan pimpinan Muslimat NU dijadikan da’iyah di masing-masing lapas. Jadi itu berkelanjutan,” katanya.

Khofifah mencontohkan dirinya yang tahun lalu menjadi penceramah di Rutan Pondok Bambu.

“Nanti Jumat depan (24 Juni) insyaallah kita ke lapas anak dan wanita di Tangerang. Sekali lagi ini dilakukan Muslimat NU di seluruh Indonesia setiap Ramadhan bahwa salah satu fokus amaliyah di bulan suci yakni ke lapas,” terangnya. ♦ jey/fmi/lul

Baca juga

SILATURAHIM PP MUSLIMAT NU-WAPRES: Silaturahim Pengurus PP Muslimat NU dengan Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/7). | Foto: MNU Online

Temui Wapres JK, Khofifah Sampaikan Keberhasilan Muslimat NU di Pilkada

MNU Online | JAKARTA – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super