PW Muslimat NU Sulawesi Tengah

Bergandengan Tangan Optimalkan Fungsi Keluarga


KOORDINASI BKB HI: Asna Yulifa Hasan (empat dari kanan) mewakili PW Muslimat NU Sulteng dalam Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor BKB HI. | Foto: PWMNU Sulteng

MNU Online | PALU – Muslimat NU memiliki peran strategis di tengah masyarakat, termasuk dalam menjaga ketahanan serta mengoptimalkan fungsi keluarga.

Karena itu kehadirannya menjadi penting dalam Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKB HI) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) 2017.

Acara yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng tersebut dilaksankan di Ruang Pola BKKBN Sulteng, Jumat (3/2).

Hadir sebagai narasumber yakni Kabid KSPK (Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga) BKKBN Sulteng, Maximilaan TDL SE dan Ir Kartini MSi (Pengelolaan Kelompok Bina Keluarga Balita/BKB).

(Baca: Kali Pertama, Muslimat NU Sulteng Gelar Peringatan Maulid Bersama Ormas Lain)

Selain Muslimat NU acara juga melibatkan Fatayat NU, Aisyiyah, TP PKK serta kader BKB. PW Muslimat NU diwakili Sekretaris Asna Yulifa Hasan SE karena di waktu yang sama Ketua PW, Hj Asria Samaila ada acara ke-Muslimatan-an di tempat lain. “Ya berbagi tugas-lah,” kata Asna.

Menurut Asna, ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, di antaranya anak perempuan sebaiknya menikah minimal di usia 21 tahun.

“Lalu keluarga adalah wahana utama dan pertama untuk mengembangkan potensi keluarga, mengembangkan sosial dan ekonomi keluarga. “Serta school of love atau penyemaian delapan fungsi keluarga,” katanya.

Delapan fungsi keluarga yang dimaksud yakni fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih dan sayang, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan dan lingkungan.

“Dalam setiap fungsi keluarga terdapat nilai-nilai moral yang harus diterapkan dalam keluarga, melalui sikap dan perilaku orang tua yang akan menjadi teladan bagi anak-anaknya,” tuntas Asna.• nur

Baca juga

Muslimat NU Kota Kediri Sambut Antusias Pelatihan Kebencanaan

MNU Online | KEDIRI – 100 anggota Muslimat NU Kota Kediri mengikuti kegiatan Penyebaran Informasi …

Watch Dragon ball super