BKKBN Gandeng Muslimat NU

bkkbnJAKARTA-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) menyasar pada generasi muda dalam meningkatkan pelaksanaan program KB.

Program peningkatan pencapaian program KB yang dilakukan BKKBN dan PP Muslimat NU, di antaranya memberikan pendidikan reproduksi terhadap generasi muda  terutama yang berada di lingkungan NU dan pesantren.

“Sasarannya untuk pesantren-pesantren, dan sekolah-sekolah binaan NU,” kata Hardiyanto, Direktur Bina Hubungan antar lembaga BKKBN, di Jakarta, pada acara Rapim dan Dialog Kebangsaan Muslimat NU, di Hotel Grand Cempaka, belum lama ini.

Dalam melakukan sosialisasi, akan dibentuk kelompok-kelompok remaja yang berisi 5-10 orang. Di mana di setiap kelompok tersebut didaulat satu orang konselor yang juga santri NU untuk memimpin forum tanya jawab serta diskusi seputar reproduksi.


Dengan jalan ini, diharapkan sejak dini remaja sudah dapat merencanakan kehidupannya. Juga sekaligus dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya menunda usia perkawinan. “Kalau remaja jadi genre, berarti mereka sudah dapat merencanakan hidupnya,” terang Hardiyanto.

 

Kerjasama antara BKKBN dengan PP Muslimat NU sebenarnya bukan baru 2011 ini dilakukan. Sebelumnya pada 2006, kerjasama serupa juga telah dilakukan di antara keduanya. “Baru berakhir Desember 2010 lalu,” imbuhnya.

Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indra Parawansa mengatakan, program KB akan disosialisasikan melalui fasilitas serta layanan yang dimiliki Muslimat NU.
“Kami memiliki klinik, RS serta punya motivator  yang akan menyosialisasikan program KB di lingkungan masyarakat NU dan keluarga,” ujar Ketua Umum yang beranggotakan 12 juta Muslimat NU ini.

Muslimat NU juga beberapa kali melakukan safari KB. “Saya sudah instruksikan bahwa periode Januari sampai Mei menjadi prioritas,” terang Khofifah.
Khofifah juga menyampaikan, terkadang saat melakukan safari Ramadhan sering menemui kekurangan alat KB di daerah. “Ketika yang daftar 75 orang, ternyata alat kontrasepsi KB hanya tersedia 25,” pungkasnya.(poskota/mil)

Baca juga

Gandeng Tekomsel-Bulog, Penara Layani Keuangan Digital dan Bahan Pangan Murah

MNU Online | BANDUNG BARAT – Untuk membiasakan masyarakat melakukan transaksi non tunai, Penara (Perempuan …

Watch Dragon ball super