Halal bi Halal PCMNU Bojonegoro

Bupati Suyoto: Melihat Keikhlasan Muslimat NU, Saya Ikut Mbrebes Mili


SALING MENYAYANGI: Ketum Nyai Hj Khofifah IP menyapa warga Muslimat NU Bojonegoro yang tak bisa masuk GOR untuk mengikuti halal bi halal secara langsung. | Foto: MNU Online

MNU Online | BOJONEGORO – Bupati Bojonegoro, Drs Suyoto MSi tak kuasa membendung air matanya melihat ibu-ibu Muslimat NU tak semuanya bisa masuk ke GOR Dabonsia Bojonegoro, Minggu (30/7), untuk mengadiri halal bi halal yang digelar PC Muslimat NU Bojonegoro.

“Di luar (GOR) tadi saya lihat Bu Khofifah mbrebes mili (kosa kata Jawa: meneteskan air mata). Saya ikut mbrebes mili karena masih ada warga Muslimat NU yang ikhlas tidak bisa masuk karena tempatnya memang tidak cukup. Kita pikir tempat ini sudah luas, ternyata tidak cukup,” katanya saat memberikan sambutan.

Ya, saat Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar Parawansa MSi hadir di lokasi, terlihat masih banyak warga Muslimat NU yang berada di luar GOR lantaran dari dari kapasitas 7.000 orang ternyata yang hadir puluhan ribu.

(Baca: Demi Muslimatan, Ikhlas Berpuluh Kilometer Naik Truk Terbuka)

Makna mbrebes mili, lanjut Kang Yoto — sapaan akrab Suyoto — berarti sesama warga Muslimat NU saling mencintai. Terbukti, walaupun di luar GOR berdesak-desakan karena jumlah orang yang datang, namun tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

“Semua saling menghargai dan menyayangi. Saya yakin inilah semangat yang dilukiskan Rasulullah Saw sebagai semangat ketulusan,” katanya.


PENUH SESAK: Puluhan ribu warga Muslimat NU Bojonegoro memadati GOR Dabonsia, sementara ratusan lainnya tak bisa masuk karena kapasitas GOR. | Foto: MNU Online

Rasul Saw pernah menggambarkan, ujar Kang Yoto, seseorang yang memiliki ketulusan itu walaupun secara fisik jauh tapi terasa dekat. Kendati rumahnya jauh, tapi terasa dekat karena hatinya tulus, saling manyayangi dan mencintai,” paparnya.

Benar pula kata Pujangga, tambah Kang Yoto, cinta membuat yang ruwet menjadi mudah, yang berat menjadi ringan dan yang sulit menjadi terpecahkan. “Saya juga yakin ibu-ibu Muslimat NU juga sangat mencintai dan menyayangi para suaminya,” katanya.

(Baca: Khofifah: Jangan Nodai Merah Putih dengan Radikalisme dan Korupsi)

Karena itu, ada dua pekerjaan bupati yang paling tidak disukainya, yakni memecat pegawai dan menyetuji perceraian. “Kalau PNS saya cek, ini anggota Muslimat NU apa tidak. Kalau iya, saya akan lapor ke Muslimat NU bahwa ada anggotanya yang PNS mau cerai. Apa kurang cinta sama suaminya,” katanya yang disambut ger-geran hadirin.

Selain saling menyayangi sesama anggota, Kang Yoto juga melihat kecintaan Muslimat NU di Bojonegoro pada bangsanya semakin nyata. Bukan hanya lewat lagu Syubbanul Wathon (Ya Ahlal Wathon) karya besar KH Wahab Chasbullah, tapi ibu-ibu Muslimat NU di Bojonegoro juga mayoritas anggota Dasa Wisma.


TOLAK NARKOBA: Bupati Suyoto (berdiri, enam dari kanan) bersama warga Muslimat NU Bojonegoro usai pengukuhan Laskar Anti Narkoba Muslimat NU. | Foto: MNU Online

“Dasa Wisma Bojonegoro dalam empat tahun ini yang mendekte seluruh program pembangunan desa maupun Bojonegoro. Mereka yang memiliki dan mengumpulkan data di Bojonegoro, termasuk terkait kemiskinan dan pendidikan,” ucapnya.

(Baca: PR Kalangan Pesantren: Luruskan Orang Terdidik Miskin Akidah)

Terbaru, memberikan data bahwa ada sekitar 500 remaja belum lulus SMA yang sudah menikah. Dari data tersebut, Pemkab atas persetujaun DPRD kemudian bertekad semua remaja di Bojonegoro harus sekolah dan lulus minimal SMA.

Alhamdulillah tahun ini kita bisa memberi beasiswa anak-anak yang sekolah SMA/MA negeri maupun swasta,” katanya.

“Mereka yang dari keluarga miskin mendapat Rp 2,1 juta ditambah Rp 450 ribu, sedangkan dari keluarga kaya cukup Rp 2 juta. Itu datanya benar karena dari Dasa Wisma yang mayoritas anggotanya warga Muslimat NU,” tambahnya.• nur

Baca juga

SILATURAHIM PP MUSLIMAT NU-WAPRES: Silaturahim Pengurus PP Muslimat NU dengan Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/7). | Foto: MNU Online

Temui Wapres JK, Khofifah Sampaikan Keberhasilan Muslimat NU di Pilkada

MNU Online | JAKARTA – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super