Cegah Bahaya Narkoba, Muslimat NU Sulsel Teken MoU dengan YKP2N

KERJASAMA: Pengurus PW Muslimat NU Sulsel, pihak YKP2N dan Kemensos foto bersama usai penandatanganan nota kesepahaman, Selasa (18/10). | Foto: Istimewa

KERJASAMA: Pengurus PW Muslimat NU Sulsel, pihak YKP2N dan Kemensos foto bersama usai penandatanganan nota kesepahaman, Selasa (18/10). | Foto: Istimewa

MNU Online | MAKASSAR – Memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba butuh bergandengan tangan dengan semua pihak. PW Muslimat NU Sulawesi Selatan (Sulsel), misalnya, melakukan kerjasama dengan Yayasan Kelompok Peduli Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-obatan Terlarang (YKP2N). Nota kesepahaman (MoU) diteken di Auditorium KH Muhyiddin Zain Universitas Islam Makassar, Selasa (18/10).

Mou ini bagian dari program penyuluhan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang diikuti ratusan pengurus Muslimat NU Sulsel, utusan Muslimat NU dari berbagai kabupaten/kota, penyuluh agama Kabupaten/Kota Makassar Maros, Pangkep dan Gowa, utusan mahasiswa Universitas Islam Makassar serta utusan beberapa Badan Otonom NU.

Seluruh peserta mendapatkan materi tentang penyuluhan penyalahgunaan narkoba dari beberapa ahli, di antaranya dari Kementerian Sosial (Kemensos), aktivis LSM dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Dengan penandatanganan MoU ini, ke depan bersama YKP2N, Muslimat NU Sulsel akan menyusun program untuk mereduksi penderita narkoba atau korban penyalahgunaan,” tutur Ketua PW Muslimat NU Sulsel, Majdah Agus Arifin Nu’mang.

Sedangkan Ketua Umum YKP2N, A Sulolipu berharap kerjasama ini bisa berlanjut dengan PWMNU lain di seluruh Indonesia. “Tentunya bersama-sama memberantas bahaya narkoba,” katanya. “Sebagai orang tua tentunya kita memiliki anak, kemanakan, dan cucu, sehingga bahaya narkoba harus kita lawan.”

Sulolipu menambahkan, saat ini di tempatnya tengah merehabilitasi 17 anak-anak dan 18 orang dewasa. “Tujuan kami adalah bagaimana korban penyalahgunaan narkoba bisa sembuh dan kita kembalikan ke lingkungan dimana seharusnya mereka tumbuh. Kami mengundang seluruh pengurus Muslimat NU Sulsel untuk berkunjung ke YKP2N,” katanya.

Sementara Direktur Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza Kemensos, Waskito sangat mengapresiasi kerjasama tersebut. “Tugas mulia ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi kita bersama karena saat ini Indonesia darurat Narkoba,” katanya. • rls/red

Baca juga

Muslimat NU Kota Kediri Sambut Antusias Pelatihan Kebencanaan

MNU Online | KEDIRI – 100 anggota Muslimat NU Kota Kediri mengikuti kegiatan Penyebaran Informasi …

Watch Dragon ball super