Ciptakan Keluarga Sakinah, Muslimat NU Lamongan Canangkan Gerakan 18-21

kartika__1821

GERAKAN 18-21: Pencanangan Gerakan 18-21 untuk menciptakan keluarga sakinah mawaddah warrahmah. | Foto: MNU Online

MNU Online | LAMONGAN – Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Lamongan memulai “Gerakan 18-21”, yakni mematikan televisi dan handphone antara pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.

“Untuk menjadikan keluarga sakinah mawaddah warrahmah dilakukan dengan 3B. Pertama, berjamaah. Kedua, belajar. Ketiga, berkomunikasi,” tutur Ketua PC Muslimat NU Lamongan, Dra Hj Kartika Hidayati MM dalam seminar Muslimat NU bertema Mengantar Anak-Anak Bangsa Menuju Generasi Emas denga Strategi 18-21, Senin (3/10).

Menurut Kartika, untuk aspek belajar tidak cukup hanya dengan mempelajari Al Qur’an tetapi juga pelajaran sekolah dan melakukan sosialisasi budaya literasi. Sedangkan yang dimaksud dengan aspek berkomunikasi yakni mengajak anggota keluarga bercengkerama.

“Tujuannya agar keluarga dekat satu dengan yang lain. Antara orang tua dan anak juga sebaliknya. Ada kehangatan keluarga sehingga anak merasa menjadi bagian keluarga yang sarat kasih sayang,” papar wakil bupati Lamongan tersebut.

Hal penting yang patut disadari banyak orang, tambah Kartika, jika dalam keluarga tercipta ‘rumahku surgaku’ maka tidak akan ada istilah kekerasan dalam rumah tangga, narkoba, pornografi, radikalisme bahkan terorisme. (Baca: Muslimat NU Lamongan Kawal Gerakan Ngaji Bersama)

“Saya berkeyakinan bahwa itu semua dapat tertangkal dengan kasih sayang keluarga,” tandasnya.

Strategi lain yakni pelaksanaan kerjasama antara Muslimat NU dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan dalam hal pemerataan pendidikan.

“Peluang akses beasiswa jenjang S1 baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sat ini ada 150 orang anak dari anggota Muslimat NU yang mendapat beasiswa untuk mengikuti pendidikan di berbagai universitas,” jelasnya. •‌ dwa

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super