Muslimat NU-Kemenkop UMKM

Dari Jawa Tengah, Pelatihan Koperasi Bergerak ke Jawa Timur


PRIMKOPAN SE-JATIM: Pelatihan koperasi diikuti pengurus Primkopan se-Jatim di Kabupaten Malang, 27-30 Okrober. | Foto: MNU Online

MNU Online | MALANG – Usai menggelar pelatihan di Jawa tengah yang diikuti seluruh pengurus Primer Koperasi An Nisa (Primkopan), 10-13 Oktober, PP Muslimat NU bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM bergerak ke Jawa Timur.

Jika di Jateng menekankan materi manajemen organisasi dan pengelolaan koperasi, di Jatim materi pelatihan terfokus pada akuntansi koperasi dan penyusunan laporan keuangan berbasis syari’ah.

Kegiatan selama empat hari, 27-30 Oktober, di Hotel Regent Park, Kabupaten Malang yang diikuti perwakilan seluruh (28) Primkopan se-Jatim tersebut dibuka Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim yang diwakili Kepala UPT Diklat Koperasi, Drs Imam Sutrisno MM.

(Baca: Pengurus Primkopan se-Jateng Digembleng Soal Manajemen Koperasi)

Turut hadir dalam kegiatan dari pengurus Induk Koperasi An Nisa (Inkopan) Hj Umi Zahrok MSi (sekretaris), Hj Ummy Rizkiyah SE (wakil sekretaris) serta Purwidwiastuti ST (unit usaha pembiayaan).

Sementara dari Kemenkop UMKM dihadiri Kepala Bidang Peningkatan Kualitas SDM H Muarikh Abbas SH mewakili Deputi Pengembangan SDM.

Tak Bisa Sambilan


KEUANGAN BERBASIS SYARI’AH: Selama empat hari, peserta digembleng pelatihan akuntansi koperasi dan penyusunan laporan keuangan berbasis syari’ah. | Foto: MNU Online

Imam Sutrisno, dalam arahannya menyampaikan bahwa mengurus koperasi tidak bisa dilakukan dengan sambilan, tapi harus tekun, serius, sehingga koperasi menjadi usaha alternatif yang menjanjikan. “Jangan umyek (sibuk sendiri) saja, ramai saja iri dengan yang lain,” katanya.

Dia menambahkan, manajemen pola syariah harus dipelajari berulang-ulang karena praktiknya di lapangan sulit membutuhkan kejujuran, transparansi dan akuntabilitas.

(Baca: Kadinkop UKM Jateng: Kebutuhan Warga NU Bisa Dikelola Puskopan)

“Karena itu diharapkan peserta mengikuti secara seksama kegiatan ini, dan mendapat pendampingan setelah kegiatan ini untuk menerapkan sistem manajemen syariah,” paparnya.• novia rifada

Baca juga

SILATURAHIM PP MUSLIMAT NU-WAPRES: Silaturahim Pengurus PP Muslimat NU dengan Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/7). | Foto: MNU Online

Temui Wapres JK, Khofifah Sampaikan Keberhasilan Muslimat NU di Pilkada

MNU Online | JAKARTA – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super