Home » WARTA »


Datang ke Parepere, Khofifah Tekankan Kebersamaan dalam Keberagaman

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

PAREPARE-Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Indonesia merupakan negara dan bangsa yang penuh keberagaman. Tetapi, harus bisa dibedakan, antara aspek theologis dan juga sosial.

“Ada perbedaan-perbedaan yang harus dipahami. Apakah itu theologis atau sosial. Misalnya, hukum dari merokok dan penetapan 1 Syawal yang kerap berbeda antara Muhammadiyah dan NU,” ungkapnya saat menghadiri peringatan Harlah ke-66 Muslimat NU di Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Senin (7/5).


Khofifah menuturkan, beragam keberagaman yang ada di Indonesia, harus bisa dipersatukan dalam mozaik NKRI. Umat Islam harus mampu membangun ukhuwah islamiyah dan toleransi diantara umat beragama. “Yang menjadi penting, bagaimana keberagaman ini bisa dipersatukan dalam ikatan ukhuwah sebagai saudara,” tuturnya.

Moralitas

Pada bagian lain, Khofifah menegaskan, sepanjang 2011 terdapat lima juta perempuan yang menggugurkan kandungannya karena terjadi di luar nikah. Sekitar 62 persen di antaranya berumur di bawah 16 tahun.

Menurut Khofifah, kasus tersebut bisa terus terjadi akibat longgarnya penegakan nilai-nilai atau norma agama. Perempuan yang melakukan hubungan bebas dan kemudian menghasilkan kehamilan di luar nikah atas nama nilai-nilai kemanusiaan, perempuan tersebut kemudian bisa memilih untuk melanjutkan kemahilannya atau tidak, sehingga terjadi tindakan aborsi.

Padahal, katanya, di negara-negara maju seperti Amerika Serikat kini mulai kembali menghargai nilai-nilai keperawanan. Sementara di Indonesia sedang terjadi uforia kebebasan, di antaranya kebebasan hubungan antarjenis.

Melihat relitas tersebut, Khofifah berharap NU sebagai organisasi Islam terbesar untuk turun mengatasi fenomena penurunan masalah moralitas tersebut. “NU harus turun mengawal masalah-masalah akidah, syariat dan akhlak anak bangsa,” kata Khofifah.

Menurutnya, masalah pendidikan anak bangsa sangat membutuhkan peranan orang tua khususnya para bapak. Kehidupan rumah tangga menjadi kata kunci pendidikan terhadap anak bangsa.

Di sisi lain, jelasnya, pendidikan tentang reproduksi bagi anak remaja di sekolah formal juga penting untuk diberikan, sehingga anak-anak remaja mempunyai tanggung jawab terhadap risiko akibat hubungan seks bebas.

Sementara itu, Gubernur Sulsel  Syahrul Yasin Limpo  saat memberikan sambutan memuji Muslimat NU. Menurutnya, perempuan NU memiliki empat kelebihan yang berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. “Perempuan Muslimat NU memiliki empat kelebihan. Yakni keislamannya tidak diragukan, karakter adat dan budaya terjaga, cerdas, dan pekerja keras,” puji Syahrul.

Syahrul mengatakan, peringatan Harlah Muslimat merupakan titik awal untuk melakukan refleksi diri seperti apa harapan-harapan besar kita dalam memposisikan diri dan organisasi  sebagai kekuatan bangsa. “Makin bijaksanakah kita dalam mengembangkan ibadah kita, mengawal keluarga dan masyarakat agar tidak keluar dari konteks syariat Islam,” terangnya.

Ia menambahkan, perempuan muslimat NU memegang peranan penting dalam mengatasi persoalan bangsa yang semakin kompleks. Mereka adalah pemegang kunci strategis di segala sektor. “Perempuan Muslimat NU dengan kecerdasan dan kasih sayangnya, akan memberikan keteladanan untuk generasi muda kita, anak-anak mereka. Keteladanan itu jauh lebih baik dari seribu aturan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulsel juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Muslimat NU di Soreang, Parepare. Harlah Muslimat kali terlihat lebih spesial dengan penampilan 100 prajurit TNI dari kadam VII Wirabuana.
“Ini luar biasa, prajurit TNI pantai main marawis dan bershalawat. Artinya tradisi NU sekarang juga dilakukan prajurit TNI. Maka orang NU sendiri harus menjaga tradisinya jangan sampai hilang,” puji Khofifah.mil

Baca juga

PENGUATAN MAJELIS TAKLIM: Workshop Bidang Ekonomi dan Koperasi Muslimat NU di Gedung PBNU, Rabu (7/11). | Foto: MNU Online

Hindari Rentenir, Muslimat NU Perkuat Majelis Taklim dengan Koperasi

MNU Online | JAKARTA – Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Muslimat NU akan membantu membuatkan koperasi …

Watch Dragon ball super