PC Muslimat NU Kab Gunungkidul

Deklarasi LAN, Usung Tagline Generasi Sehat dan OKE


LAWAN BAHAYA NARKOBA: Deklarasi Laskar Anti Narkoba PC Muslimat NU Gunungkidul. | Foto: PCMNU Gunungkidul

MNU Online | GUNUNGKIDUL – Cara kreatif dalam mensosialisasikan bahaya narkoba ditunjukkan PC Muslimat NU Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Tak sekadar deklarasi Laskar Anti Narkoba (LAN) tapi juga dibumbui ‘tagline’ sarat makna: Mewujudkan Generasi Sehat dan OKE.

Sarat makna? Ya, sebab dua kata dalam tagline tersebut menyiman pesan mulia sekaligus peringatan untuk para remaja. “Sehat” dimaksudkan sehat lingkungan, pergaulan, keluarga, makanan serta akidah. Sedangkan “OKE” kependekan dari On the way, Komitmen dan Enjoy.

On the way maknanya remaja harus tetap di jalurnya. Mereka harus kita beri penyadaran bahwa masa depan berada di tangan remaja atau generasi muda itu sendiri,” terang Sekretaris PC Muslimat NU Gunung Kidul, Retnoningsih M.MPd.

(Baca: Bupati Gunungkidul Dukung Penuh Langkah Muslimat NU)

“Kita beri gambaran mau tetap pada jalur yang semestinya dengan masa depan yang baik atau jalur salah yang berakibat pada suramnya masa depan.”

Berikutnya Komitmen. Remaja, lanjut Retnoningsih, wajib memiliki komitmen untuk memperjuangkan dan mengamankan masa depannya.

“Lalu Enjoy, komitmen tidak harus menjadikan spaneng tapi yang enjoy. Komitmen yang sesuai dengan usianya dan tetap bertanggung jawab,” jelasnya.

Deklarasi Serentak


DUKUNG MUSLIMAT NU: Ibu-ibu Muslimat NU Gunungkidul menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Lomba Ajang Prestasi. | Foto: PCMNU Gunungkidul

LAN PC Muslimat NU Gunungkidul dideklarasikan lewat rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Lomba Ajang Prestasi di halaman SMK YAPPI Wonosari, Minggu (8/1).

“Kami melakukan deklarasi serentak se-PAC yang terdiri dari 18 kecamatan untuk membentuk LAN. Gerakan ini lebih efektif karena kami lakukan secara masif,” tambah Retnoningsih.

(Baca: Sosialisasi Bahaya Narkoba Lewat Gebyar Senam)

Peran Muslimat NU, lanjutnya, disebutnya strategis karena perempuan terutama kaum ibu punya peranan untuk menjaga pergaulan tumbuh kembang dan menjaga segala keperluan anak-anaknya.

Bagi Retnoningsih, keluarga sehat dan harmonis ditandai dengan memiliki ketahanan keluarga yang kuat.

“Jika semua keluarga mampu berperan aktif dalam pengawasan anggota keluarga, dengan siapa bergaul, apa saja yang dikerjakan, kami kira akan meminimalisir kenakalan remaja sekaligus penyebaran dan penggunaan narkoba,” tuntasnya.• nur

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super