Harlah ke-71 Muslimat NU

Di Luar Target, Baksos Muslimat NU Jepara Diserbu Peserta


LAYANAN BAKSOS: Sambutan peserta bakti sosial yang diselenggarakan PC Muslimat NU Jepara luar biasa. Mereka rela antre untuk mendapatkan pelayanan. | Foto: PCMNU Jepara

MNU Online | JEPARA – Antusiasme peserta bakti sosial (baksos) yang diselenggarakan PC Muslimat NU Jepara di Klinik Masyithoh Gedung NU Jepara, Kamis (6/4), sangat besar. Terbukti, sejak loket pendaftaran dibuka pukul 07.00 WIB, antrean peserta mengular untuk mendapatkan pelayanan.

Dalam baksos ini Muslimat NU menggandeng Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukdan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara.

Titik fokus kegiatan pada kesehatan reproduksi. Sedangkan layanan yang disediakan yakni pemasangan alat kontrasepsi IUD dan implant, serta deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA. Selain itu peserta yang ingin memeriksakan mata dan cek gula darah juga dilayani.

(Baca: Bukti Kekompakan, PCMNU Demak Hadiri Kegiatan Harlah PCMNU Jepara)

“Meskipun tahun ini Muslimat NU mandiri dalam mencari akseptor, alhamdulillah peserta di luar target kami. Kegiatan baksos dalam rangka Harlah ke-71 Muslimat NU dan Hari Jadi ke-468 Jepara ini bisa bermanfaat,” tutur Ketua PC Muslimat NU Jepara, Hj Noor Ainy.

“Lebih dari 350 peserta yang ikut. IUD yang ditarget hanya 25 orang hari pelaksanaan lebih dari 38 akseptor,” imbuhnya.

Senada dengan Noor Ainy, Ketua Panitia Harlah Mayadina Rohma juga mengapresiasi panitia dan masyarakat yang mengikuti baksos.

Goal kami adalah peningkatan kualitas diri perempuan Jepara dan baksos ini bisa menjadi tangga pencapaian tujuan tersebut,” ungkapnya.

Tak Perlu Malu


KESEHATAN REPRODUKSI: Baksos memfokuskan kegiatan pada kesehatan reproduksi dengan layanan pemasangan alat kontrasepsi IUD dan implant, serta deteksi dini kanker serviks. | Foto: PCMNU Jepara

Kegiatan ini ditinjau langsung oleh Dinkes Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Rini Kusumasari. Dalam kesempatan tersebut dia mengajak kader Muslimat NU agar ikut menggugah kesadaran perempuan untuk tidak malu memeriksakan diri.

“Tidak perlu malu periksa, karena yang melayani pasti dokter perempuan. Dengan mengetahui lebih awal semakin memperkecil kesempatan sel kanker berkembang lebih ganas,” katanya.

(Baca: Peringati Maulid Nabi, Muslimat NU Jepara Gelar Lomba Barzanji)

Noor Ainy menambahkan, kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan Muslimat NU Jepara. Terlebih Muslimat NU adalah salah satu organisasi yang mengakar rumput dimana anggotanya sebagian besar perempuan usia produktif.

Di sisi lain, baksos ini sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi DP3AP2KB yang semula berbentuk badan dan baru tahun ini di Jepara menjadi dinas. “Diharapkan manfaatnya semakin dirasakan masyarakat luas,” timpal Rini.• yunita fauziah

Baca juga

Muslimat NU Kota Kediri Sambut Antusias Pelatihan Kebencanaan

MNU Online | KEDIRI – 100 anggota Muslimat NU Kota Kediri mengikuti kegiatan Penyebaran Informasi …

Watch Dragon ball super