Gerakan Cinta Al Qur’an

Dipandu Ketua PC, Satu Hari Wajib Baca Satu Juz

CINTA Al QUR’AN: Gerakan Cinta Al Qur’an membiasakan warga Muslimat NU Jember minimal sehari membaca satu juz. | Foto: PCMNU Jember

CINTA Al QUR’AN: Gerakan Cinta Al Qur’an membiasakan warga Muslimat NU Jember minimal sehari membaca satu juz. | Foto: PCMNU Jember

MNU Online | JEMBER – Dari sahabat Muadz bin Jabal, berkata: Aku pernah bersama Nabi Muhammad Saw. Dalam sebuah perjalanan aku berkata kepada beliau, “Wahai Rasulullah, ceritakanlah kepada kami sebuah hadits yang bermanfaat kepada kami.”

Nabi Saw bersabda, “Jika kamu menginginkan kehidupan sebagaimana kehidupannya orang-orang yang beruntung, kematian termasuk orang-orang yang mati syahid, selamat pada hari dimana manusia dihimpun, mendapat naungan pada hari panas dan memperoleh petunjuk dari kesesatan, maka biasakanlah membaca Al Qur’an secara istiqomah. Karena ia adalah firman Tuhan Yang Maha Pengasih, benteng dari setan dan berat dalam timbangan amal.” (Mizan)

Berangkat dari hadits tersebut, Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Jember membuat program “Gerakan Cinta Al Qur’an”. Kegiatannya berupa membaca Al Qur’an setiap hari satu juz atau yang kita kenal dengan istilah One Day One Juz.

(Baca: Peduli Lansia, Muslimat NU Jember Sosialisasi Hidup Sehat di Usia Senja)

Gerakan ini dipandu langsung oleh Ketua PC Muslimat NU Jember, Dra Nyai Hj Emi Kusminarni. Hingga berita ini ditulis, kegiatan sudah memasuki putaran ke-11 dengan jumlah anggota 75 orang terdiri dari pengurus cabang, anak cabang dan anggota.

“Secara pribadi tiap anggota dalam satu harinya bisa membaca satu juz sehingga dalam satu bulan bisa khatam 30 juz, sementara secara kelompok tiap hari bisa dua kali atau lebih khatam baca Al Qur’an,” terang Nyai Emi, Senin (12/12).

Anggota pun merasa senang dengan kegiatan ini karena tidak perlu selalu hadir dalam majelis khatmil Qur’an. Cukup membaca di tempat masing-masing. Teknisnya anggota mengikuti jadwal yang dipandu melalui WhatsApp (WA) oleh ketua PC, bagian mana yang harus dibaca atau melanjutan juz bagiannya.

“Saya sangat terbantu untuk terus istiqomah dalam membaca Al Qur’an setelah ikut One Day One Juz ini,” kata Sri Wahyuni, kepala SD Semboro yang juga ketua ranting Sidomekar Semboro.

(Baca: Cegah dari Hulu, Muslimat NU Jember Sosialisasi Sehat Tanpa Narkoba)

Sebab, lanjut Sri, sesibuk apapun dirinya harus membaca Al Qur’an setiap hari. Maka dengan ikut program ini lama kelamaan menjadi pembiasaan.

“Dulu sebelum ikut gerakan, baca sih baca Al Qur’an tapi bila sibuk sedikit maka bacaannya sedikit pula,” katanya.

 SINERGI DENGAN PEMDA: Dra Nyai Hj Emi Kusminarni (dua dari kiri) bersama jajaran pengurus saat beraudiensi dengan Bupati Jember, dr Hj Faida MMR. | Foto: PCMNU Jember

SINERGI DENGAN PEMDA: Dra Nyai Hj Emi Kusminarni (dua dari kiri) kreatif rancang program dan perkut networking. Tampak  Nyai Emi bersama jajaran pengurus saat beraudiensi dengan Bupati Jember, dr Hj Faida MMR. | Foto: PCMNU Jember

Dengan ikut kegiatan ini, tambahnya, Sri tidak perlu selalu hadir di majelis khatmil Qur’an namun bisa membaca dimana pun berada. “Di rumah, di kantor bahkan dalam perjalanan saya selalu baca Al Qur’an,” tutur perempuan berwajah teduh itu.

Diikuti Anak Cabang

Gerakan ini bahkan sudah dikuti beberapa PAC dengan membuat kegiatan serupa di masing-masing anak cabang.

“Saya berharap mencintai Al Qur’an bukan hanya untuk kita sendiri tapi ada upaya secara berjamaah untuk terus dan terus membaca Al Qur’an,” kata Nyai Emi.

Di bulan Ramadhan lalu, PC Muslimat NU Jember bahkan membentuk One Day Five Juz (satu hari lima juz).

Alhamdulillah, semoga kami bisa istiqomah untuk terus membaca dan mencintai Al Qur’an,” tuntas Emi.• nur

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super