PC Muslimat NU Kab Bogor

Gandeng Kemendag, Gelar Penyuluhan Konsumen Cerdas


KEGIATAN PENYULUHAN: Ibu-ibu Muslimat NU pose bersama usai kegiatan Penyuluhan Konsumen Cerdas. | Foto: PCMNU Kab Bogor

MNU Online | BOGOR – PC Muslimat NU Kabupaten Bogor menggelar kegiatan “Penyuluhan Konsumen Cerdas” yang difasilitasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) di gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Pemkab Bogor, Senin (20/2).

Acara diikuti 100 peserta dari ibu-ibu Muslimat NU. Sedangkan materi disampaikan Endang Ambarwati dari Kemendag RI, Yohan Yoharudin dari Dinas Perdagangan Kabupaten Bogor serta Ketua IV PP Muslimat NU, Dra Hj Siti Aniroh SEY.

Endang menyampaikan kebijakan dan kiat-kiat  menjadi konsumen cerdas yang harus bisa memilah dan memilih barang yang akan dibeli. “Termasuk mencermati tanggal kedaluwarsa serta barang-barang yang berstandar SNI,” katanya.

“Selain itu juga memahami hak dan kewajiban konsumen, perlindungan konsumen serta lembaga pengaduan konsumen,” tambahnya.

(Baca: Peringati Harlah dan Isra’ Mi’raj, Warga Muslimat NU Kota Bogor Iuran)

Sedangkan Yohan membahas pengawasan barang dan jasa di Kabupaten Bogor. Dia juga memaparkan lembaga pengaduan untuk konsumen dan teknik penyampaian pengaduan hak konsumen kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

“Ini terkait dengan badan penyelesaian sengketa konsumen,” katanya.

Sementara Hj Siti Aniroh membahas tetang Muslimat NU dan peningkatan perlindungan konsumen serta makanan yang sehat.

“Maka untuk terwujudnya masyarakat sejahtera dan berkualitas perlu dijiwai ajaran Islam ahlusunnah wal jama’ah (Aswaja),” katanya.• nur

Baca juga

Muslimat NU Kota Kediri Sambut Antusias Pelatihan Kebencanaan

MNU Online | KEDIRI – 100 anggota Muslimat NU Kota Kediri mengikuti kegiatan Penyebaran Informasi …

Watch Dragon ball super