Home » WARTA »


Gubernur Sumsel Dukung Muslimat Cegah Terorisme

kip_fkptsumsel

PALEMBANG-Muslimat Nahdlatul Ulama dan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) resmi membentuk Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sumsel. Pengukuhan Pengurus FKPT Provinsi Sumsel digelar di Palembang, Rabu (19/9).  Hadir pada kegiatan ini Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa dan Kepala BNPT Ansyad Mbai.

Gubernur H Alex Noerdin menyatakan mendukung penuh upaya pencegahan atau anggulangan teroris di Sumatera Selatan lewat pemberdayaan FKPT yang baru saja dibentuk.

Dikemukakannya, masyarakat seringkali merasa bencana terorisme itu bukan urusannya selama tidak ada sanak saudara, atau teman mereka yang kerlibat.


“Mengubah anggapan masyarakat itu sulit dan tugas forum ini untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat yang demikian, sementara pihak pemerintah provinsi akan memfasilitasi,” katanya.

Kepala BNPT, Ansyad Mbai berharap Sumsel dapat menjadi yang terbaik tanpa bom dan tanpa teroris. Menurutnya, teroris dimotivasi oleh ideologi dan politik yang mengatasnamakan agama terutama Islam.

“Anggapan utama teroris adalah tentang jihad, mereka terimajinalisasi secara politis dan mengerikan,” paparnya.

Ia pun berharap, hal itu dapat menjadi tantangan bersama bukan hanya BNPT saja, tetapi unsur dinas instansi terkait, pemerintah daerah dan termasuk masyarakat.

Koordinator FKPT Provinsi Sumatera Selatan yang baru saja dilantik, Firdaus Basuni, menjelaskan bahwa untuk tahap awal pihaknya akan berkumpul dan melakukan konsolidasi, sehingga dapat menyusun program terukur.

“Tujuan dari program yang akan disusun adalah untuk melakukan pencegahan atau paling tidak Sumatera Selatan bisa menghindari radikalisasi dan terorisme,” katanya.
Untuk itu, ia membutuhkan dukungan semua lapisan, selain pemerintah seperti yang gubernur janjikan.ant/mil

Baca juga

Khofifah: Jangan Biarkan Investasi Akhirat Tergerus Lewat Handphone

MNU Online | TANGSEL – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super