Bidang Ekonomi dan Koperasi

Hindari Rentenir, Muslimat NU Perkuat Majelis Taklim dengan Koperasi

<br /> PENGUATAN MAJELIS TAKLIM: Workshop Bidang Ekonomi dan Koperasi Muslimat NU di Gedung PBNU, Rabu (7/11). | Foto: MNU Online

PENGUATAN MAJELIS TAKLIM: Workshop Bidang Ekonomi dan Koperasi Muslimat NU di Gedung PBNU, Rabu (7/11). | Foto: MNU Online

MNU Online | JAKARTA – Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Muslimat NU akan membantu membuatkan koperasi bagi majelis taklim binaan Hidmat Muslimat NU. Upaya tersebut sekaligus menghindari jasa rentenir, yang selama ini masih banyak dipakai majelis taklim.

“Majelis taklim masih banyak yang memanfaatkan jasa rentenir,” terang Ketua Inkopan Muslimat NU, Hj Syarifah Noor Hidayati SE saat menjadi narasumber di acara workshop yang digelar Bidang Ekonomi dan Koperasi Muslimat NU di Lantai 5 Gedung PBNU, Rabu (7/11).

“Untuk itu Inkopan tanggap membantu mengkoperasikan majelis taklim, sehingga anggota majelis taklim yang menjadi anggota koperasi akan lebih sejahtera,” sambungnya.

(Baca: Catat! Ini Tiga Hal Penting dalam Gerakan Koperasi Muslimat NU)

Kesejahteraan itu bisa dicapai, kata Syarifah, karena prinsip koperasi adalah dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota. “Terutama bebas dari rentenir,” tandasnya.

Workshop bertema Meningkatkan Apresiasi Masyarakat Terhadap Koperasi Melalui Penguatan Majelis Taklim tersebut dihadiri 26 peserta dari perwakilan pengurus Inkopan, PC Muslimat NU Jakarta serta Hidmat Muslimat NU.

PC Muslimat NU Jakarta dan Hidmat Muslimat NU menjadi sasaran utama dalam kegiatan ini, agar dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap koperasi melalui penguatan peran majelis taklim.

(Baca: Dari Jawa Tengah, Pelatihan Koperasi Bergerak ke Jawa Timur)

Selain Syarifah, narasumber lain yang dihadirkan yakni Arifudin dari Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop), serta Ketua IV PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Siti Aniroh Slamet Effendy.

Lantaran akan difasilitasi Inkpan, Siti Aniroh mengajak majelis taklim binaan Hidmat NU agar secepatnya membentuk koperasi.

“Jadi bunda-bunda Hidmat, monggo bentuk Primkopan Hidmat di majelis taklim binaan Hidmat. Kalau sudah ada rumah dan aktivitasnya, pembinaan dan pemberdayaan ke depannya lebih gampang,” paparnya.• novi

Baca juga

MUSLIMAT NU-SABYAN GAMBUS: Khofifah (kiri) dan Nissa Sabyan, sore ini luncurkan lomba shalawat online. | Foto: MNU Online/IST

Bersama Sabyan Gambus, Muslimat NU Gelar Lomba Shalawat Online

MNU Online | SURABAYA – Minggu (4/11) sore ini, Muslimat NU meluncurkan lomba shalawat online …

Watch Dragon ball super