Kisah dari Tanah Suci (1)

Indahnya Berbagi Mukena untuk Calhaj asal Myanmar


IBADAH HAJI: Ketum Hj Khofifah IP bersama putranya, Ali Mannagalli menunaikan ibadah haji. Keduanya di Tanah Suci sejak 26 Agustus 2017. | Foto: MNU Online

MNU Online | MAKKAH – Banyak hal menyentuh hati dari Tanah Suci. Di sela menunaikan ibadah haji, Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar Parawansa MSi mengisahkannya secara berseri untuk menjadi renungan bersama sekaligus inspirasi.

Bismillah! Memasuki hari ketujuh di Tanah Suci, sejak berangkat dari Jakarta 26 Agustus lalu, rupanya cukup banyak peristiwa menarik yang dirasakan Khofifah. Perempuan yang juga Menteri Sosial RI itu merasa ditunjukkan Allah Swt tentang berbagai problem sosial dan kemanusiaan, serta butuh penyelesaian lebih keras lagi.

Salah satunya terkait aksi penindasan dan pembantaian terhadap muslim di Rohingya, Myanmar. Khofifah merasakan betapa beratnya menjalani kehidupan beragama di negeri yang terkenal dengan junta militer tersebut.

(Baca: Khofifah Ungkap Doa Gus Dur di Multazam dan Raudhoh)

Hal tersebut ‘tergambar’ dari calon hajjah (Calhaj) asal Myanmar yang berpakaian dan bermukena sangat sederhana ketika hendak shalat maghrib di Masjidil Haram, Sabtu (2/9).

Namun di balik ‘pemandangan’ tersebut, ada hal yang membahagiakan Khofifah karena tawarkan mukena yang dipakainya untuk Calhaj asal Myanmar tersebut diterima dengan senang hati.

“Langsung saya pakaikan dan nampak dia bahagia. Saya membayangkan betapa berat kehidupan beragama bagi muslim di Myanmar saat ini,” tutur Khofifah dengan nada lirih.• nur

Baca juga

SEMPAT MERINDING: Nyai Nurhayati memberikan sambutan saat halal bi halal PP Muslimat NU di TMPNU Kalibata, Jaksel, Minggu (8/7). | Foto: MNU Online

Nyai Nurhayati: Sebelum Coblosan, Warga Muslimat NU Sempat Merinding

MNU Online | JAKARTA – Begitu cintanya warga Muslimat NU kepada Ketua Umumnya, Dra Nyai …

Watch Dragon ball super