Qori’ Wafat Saat Baca Al Qur’an

Inilah Faedah Surat Al Mulk yang Dibaca Ustadz Ja’far


WAFAT SAAT BACA AL QUR’AN: Ustadz Ja’far Abdul Rachman saat membaca al Qur’an surat Al Mulk sesaat sebelum wafat. | Foto: Ist

MNU Online | SURABAYA – Surat Al Mulk mendadak viral di media sosial pasca kepergian Ustadz Ja’far Abdul Rachman yang wafat di panggung ketika menjadi qori’ pada Peringatan Haul Almarhumin Keluarga Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa di kediamannya Jemursari, Surabaya, Senin (24/4) lalu.

(Baca: Syeikh Afifuddin: Muslimat NU Begitu Agung di Bawah Kepemimpinan Khofifah)

Hingga kini sejumlah grup di media sosial masih ramai-ramai ‘membedah’ kandungan ayat tersebut. “Banyak sekali faedah dari surat ini,” ujar Khofifah yang menyaksikan detik-detik kepergian Ustadz Ja’far. Berikut sejumlah faedah dari surat Al Mulk:

Diampuni dosanya
Dalil hadits: Dari Abu Hurairah, Nabi Saw  bersabda, “Ada surat dari al Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk.”

(HR Abu Dawud dan redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan lainnya. Hadits tersebut shahih dan telah di-shahih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi. Sedangkan at-Tirmidzy dan Albani menghasankannya)

Dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka
Dalil hadits: Barang siapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah Azza wa Jalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah Saw (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam kitabullah, barang siapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.”

(HR Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan dia mengatakan: Sanadnya shahih dan dihasankan oleh Albani)

Menjauhkan diri dari maksiat
Dalil Al Qur’an: Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah. (QS Al Mulk: 12)

Menjadikan kita sebagai orang yang bertawakal
Dalil Al Qur’an: Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya.” (QS. Al Mulk: 15).• nur

Baca juga

PENCEGAHAN TPPO: Sosialisasi pendidikan pencegahan tindak pidana perdagangan orang di Purwokerto, Jawa Tengah. | Foto: MNU Online

Cegah TPPO, 3 Hari Muslimat NU Gelar Sosialisasi di Purwokerto

MNU Online | PURWOKERTO – Selama tiga hari, 12-14 September 2018, Pimpinan Pusat (PP) Muslimat …

Watch Dragon ball super