Revolusi Digital

Istri Jangan Sampai Tak Tahu Apa yang Diakses Suami


STOP GAPTEK: Ketum Khofifah IP mengajak warga Muslimat NU tak gaptek dengan terus mengikuti perubahan yang terjadi. | Foto: MNU Online

MNU Online | SUMBAWA – Revolusi digital membuat ibu-ibu dituntut memiliki kewaspadaan ganda. Pertama, mewaspadai buah hati agar tak terpengaruh dampak teknologi. Kedua, mewaspadai para suami agar tidak memanfaatkan dan menikmati teknologi tanpa sepengetahuan istri.

Hal itu dituturkan Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi saat acara Deklarasi Laskar Anti Narkoba dan Silaturahim dengan PC Muslimat NU Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) di Pendopo Kabupaten, Sabtu (21/1). Acara sekaligus dirangkai dengan HUT ke-58 Kabupaten Sumbawa.

(Baca: Khofifah Ingatkan Teknologi Bisa Hapus ‘Tradisi’ Wudhu sebelum Pegang Al Qur’an)

“Dulu, ibu-ibu cukup menginstruksikan anak-anaknya agar tidak nonton film di bioskop. Tapi sekarang nonton film nggak perlu pakai gedung, cukup lewat smartphone dan bisa nonton film apa saja serta dimana saja,” katanya.

Karena itu, lanjut Khofifah, ibu-ibu jangan gaptek (gagap teknologi), “Jangan sampai tidak tahu apa yang diakses anaknya, termasuk jangan sampai tidak tahu apa yang diakses suaminya,” sambung Khofifah yang disambut ger-geran hadirin yang terdiri dari perwakilan PAC Muslimat NU se-Kabupaten Sumbawa.

Khofifah lantas menceritakan pengalamannya ketika keliling Indonesia pada 2000. Saat itu dia masih mendapati warga Muslimat NU yang belum bisa membedakan antara internet dan eternit (bahan bangunan terbuat dari campuran asbes halus dan semen untuk langit-langit rumah).

“Itu 16 tahun silam, ya memang mereka tak tahu. Maka di tahun itu saya minta ibu-ibu para ketua bidang, saya kursuskan supaya mengerti apa itu internet dan bagaimana sistemnya,” katanya.

(Baca: Cegah Dampak Negatif Globalisasi dan Digitalisasi dengan Ketahanan Keluarga)

Tak hanya Muslimat NU, bahkan warga NU secara keseluruhan di tahun itu juga belum ada dorongan kuat untuk belajar revolusi IT. Padahal perintah agama sangat jelas: Utlubul ‘ilmi minal mahdi ilal lahdi (Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat).

“Nah, pola-pola ikhtiar seperti ini saya mohon pada kita semua agar mengenali, terutama diri kita, keluarga kita, anak kita, lingkungan kita, terhadap perubahan yang cepat sekali. Warga Muslimat NU jangan sampai gaptek,” tandasnya.• lul

Baca juga

Khofifah: Jangan Biarkan Investasi Akhirat Tergerus Lewat Handphone

MNU Online | TANGSEL – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super