PC Muslimat NU Kuningan

Jaga Lingkungan, Siswa SMA Jangan Kalah sama Ibu-ibu


TANAM POHON: Gerakan Menanam Pohon untuk Masa Depan ditandai dengan penananman bibit rambutan. | Foto: PCMNU Kuningan

MNU Online | KUNINGAN – Soal layanan dan bentuk kepedulian, hampir semua aspek kehidupan yang bermanfaat bagi umat dijangkau Muslimat NU, termasuk lingkungan.

Salah satunya ditunjukkan PC Muslimat NU Kuningan, Jawa Barat, yang melakukan kerjasama dengan SMKN 5 Kuningan lewat ‘Gerakan Menanam Pohon untuk Masa Depan’, Jumat (17/2).

Acara berlangsung meriah. Dihadiri istri bupati kuningan, wakil bupati, Kapolsek, Danramil, camat Cuiawigebang, 802-an siswa-siswi SMKN 5 serta warga Muslimat NU cabang dan anak cabang Kecamatan Ciawi.

(Baca: Cinta Rasul, Rela Iuran Naik Pick-up dan Lesehan di Bawah Pohon)

Ketua PC Muslimat NU Kuningan, Dra Hj Tuti Rusilawati MM menuturkan, siswa SMA dipilih dalam kerjasama ini agar para remaja tergerak untuk andil menjaga lingkungannya.

“Masa (siswa SMA) kalah sama ibu-ibu yang notabene sudah punya cucu,” seloroh Tuti disambut gelak tawa hadirin.

Lewat kerjasama ini dilakukan kegiatan penghijauan dengan menanam 500 bibit pohon di lahan SMKN 5 seluas tujuh hektar, yang memang tidak semuanya digunakan untuk pembangunan gedung.

Terlebih selama ini SMKN 5 dikenal unggul dalam studi pertanian dan perkebunan, sebagai wujud memotivasi siswa agar cinta lingkungan serta memperhatikan lahan resapan air.

“Atas nama SMKN 5 kami mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada Muslimat NU Kuningan,” kata Kepala Sekolah  SMKN 5, Drs Lili MPd.


POHON MASA DEPAN: Penyerahan bibit tanaman cengkeh kepada kepala sekolah SMAN 5 Kuningan. | Foto: PCMNU Kuningan

Sementara istri bupati Kuningan, Hj Ika Siti Rahmatika Acep Purnama SE menyampaikan apresiasi serta bangganya atas penghijauan yang dilakukan Muslimat NU. Diharapkan siswa SMKN 5 menjadi motivasi dalam melestarikan serta menjaga lingkungan untuk masa depan.

(Baca: Turun ke Lokasi Banjir, PCMNU Kuningan Beri Semangat dan Bantuan)

“Selain itu menjadi contoh dalam memelihara lingkungan agar nyaman, udara sejuk dan aman dengan menanam pohon di sekitar rumah masing-masing,” kata perempuan yang juga ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan itu.

Jangan lupa, tambah Hj Ika, “Penghijauan yang ditanam sekarang agar dipelihara dan dimanfaatkan untuk praktik di sekolah ini. Semoga bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat sekitar.”

Acara diakhiri dengan pencanangan Gerakan Penghijauan Muslimat NU Peduli Lingkungan, dilanjut penyerahan secara simbolis bibit tanaman cengeh dari PC kepada kepala sekolah serta penanaman pohon rambutan.• nani muharomah

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super