Workshop Pendidikan Usia Dini

Jaga Ruh Perjuangan, Hymne Mulai Jadi ‘Menu Wajib’


RUH PERJUANGAN: Pengasuh Ponpes Bahrul Maghfiroh, KH Lukmanul Karim ikut berdiri saat dikumandangkan hymne Muslimat NU. | Foto: MNU Online

MNU Online | SURABAYA – Ada suasana berbeda saat pembukaan dan penutupan workshop Penguatan Layanan Pendidikan Usia Dini di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu (7/1) dan Minggu (8/1).

Biasanya, di setiap acara Muslimat NU selalu dikumandangkan mars Muslimat NU setelah lagu Indonesia Raya. Tapi kali ini bukan mars melainkan hymne. Ada apa dengan perubahan kebiasaan tersebut?

“Hymne itu ruh perjuangan Muslimat NU,” terang Ketua PW Muslimat NU Jatim, Dra Nyai Hj Masruroh Wahid MSi.

Menurut Nyai Masruroh, biar lebih familiar maka dalam acara ini dinyanyikan ‘gita puja’ baru disusul mars setelah acara resmi dibuka. Menyanyikan hymne di setiap acara ini sekaligus amanah Kongres XVII Muslimat NU di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, 23-27 November lalu.

(Baca: Rasul Ajarkan Model Pembelajaran Sesuai Zaman Anak Didik)

“Dari hati yang paling dalam kita nyanyikan ruh perjuangan, sehingga acara PAUD yang kita gelar ini maupun program-program kemasyarakatan ke-Muslimat-an akan mendatangkan manfaat. Di sini kita berjuang dan di sini pula kita mencari ridha Allah Swt,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Ketua I PP Muslimat NU masa khidmat 2011-2016, Nyai Hj Machfudhoh Aly Ubaid berulang kali mengajak untuk menyanyikan hymne yang jarang terdengar di acara Muslimat NU ketimbang mars. Padahal hymne itu ruh organisasi, sedangkan mars adalah jasad.

Mengapa tidak cukup mars? “Mars itu semangat kerja cinta bangsa, tetapi ruh Muslimat NU ya di hymne. Coba baca liriknya: Wadah ibadah, pengabdian, perjuangan maupun keikhlasan ada di situ semua,” katanya.

“Kalau mars kontennya mendidik putra-putri untuk kepentingan bangsa, sedangkan hymne di dalamnya. Mars itu jasad dan hymne itu ruh,” tandasnya.• nur

___________

HYMNE MUSLIMAT NU

Muslimat Nahdlatul Ulama Berasaskan Akidah Islamiyah Ahlussunnah wal Jamaah
Taat pada Allah dan Rasul-Nya
Muslimat NU Wadah Perjuangan
Didasari Ibadah dan Keikhlasan
Berjanji kepada Agama dan Bangsa serta Negara yang Tercinta
Terwujud Masyarakat Berkualitas Sejahtera serta Mandiri
Di Dalam Negara Indonesia Adil Makmur Diridhoi Allah

 

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super