Layanan Kesehatan

Kawal Imunisasi MR, PCMNU Lamongan Koordinasi dengan TKD-Puskesmas


PERTEMUAN KOORDINASI: Hj Kartika Hidayati (depan, empat dari kiri) bersama pengurus PAC, TKD dan Puskesmas Lamongan. | Foto: PCMNU Lamongan

MNU Online | LAMONGAN – Inilah sisi positif dan efektif dari sinergi antara pemerintah dengan Muslimat NU. Begitu ada program pemerintah yang perlu disosialisasikan, maka bisa langsung diterima masyarakat karena Muslimat NU memiliki struktur kepemimpinan hingga anak ranting (dusun).

Sebaliknya, Muslimat NU juga bisa mengawal setiap program yang menjadi bagian dari sinergitas. Dengan demikian, upaya Muslimat NU dalam menjaga dan melayani umat berjalan lebih efektif dan tepat sasaran.

(Baca: Gandeng Dinkes, PCMNU Lamongan Kukuhkan Duta Kesehatan)

Di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, misalnya. Lantaran PCMNU sudah ter-MoU dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, maka setiap ada kebijakan kesehatan bisa terlibat sampai ke ranting.

“Sekarang bahkan diikuti dengan TKD (Tenaga Kesehatan Desa),” terang Ketua PC Muslimat NU Lamongan, Dra Hj Kartika Hidayati MM.

Program kesehatan terbaru yang didukung Muslimat NU yakni pelaksanaan Imunisasi Campak/Measles Rubella (MR) yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus hingga 31 September 2017.

Langkah koordinasi dilakukan Senin (24/7). PC melakukan pertemuan dengan petugas Puskesmas terkait pelaksanaan kampanye dan introduksi vaksin MR.

(Baca: Khofifah: 63 Persen Penyebab Disabilitas akibat Gizi Buruk)

Hadir dalam pertemuan tersebut, seluruh ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Lamongan (27 PAC), ditambah TKD (27) dan pihak Puskesmas (33).

“Puskesmas ini akan bekerjasama dengan Muslimat NU untuk sosialisasi, serta mengawal masalah MR dan campak pada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun,” jelas Kartika.

“Jadi Muslimat NU akan menyisir semua anggotanya yang punya anak atau cucu di usia itu untuk diimunisasi. Stop campak, stop rubella dan Muslimat NU adalah panglima pengamanan kesehatan umat,” tambah wanita yang juga wakil bupati Lamongan tersebut. • nur

Baca juga

Beri Penguatan, Muslimat NU Sulsel Sambangi Pengungsi Rohingya di Makassar

MNU Online | MAKASSAR – Di tengah sorotan dunia tertuju ke Myanmar terkait tragedi kemanusiaan …

Watch Dragon ball super