KB Gratis di Acara Harlah Muslimat NU

MNU Online | DEMAK – Muslimat dan RSI NU Kabupaten Demak menyelenggarakan pelayanan KB gratis, Rabu (16/3). Bakti sosial yang diselenggarakan dalam rangka memperingati harlah ke-65 Muslimat NU dan Hari Jadi ke-20 RSI NU tersebut diikuti 275 peserta KB (akseptor).

Hadir pada kesempatan itu Direktur RSI NU Demak dr Hj Nunuk Sri Lestari, Asisten II Sekda Drs H Eko Pringgolaksito, serta Kepala Bappermas KB Kabupaten Demak H Bambang Susetyarto SIP.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Demak Hj Aisyah Hadziq menyampaikan, kegiatan sosial pelayanan KB gratis digelar dengan menggandeng Bappermas KB dan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak. “Maksud dilaksanakannya pelayanan KB gratis ini untuk membantu pemerintah dalam mengendalikan jumlah penduduk,” katanya.

Dalam sambutannya Eko Pringgolaksito menyampaikan bahwa sejauh ini Pemkab Demak berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentas kemiskinan lantaran program KB telah berjalan cukup baik. “Karena jumlah penduduk terkendali, maka upaya meningkatkan kesejehteraan rakyat menjadi relative mudah. Kitapun bisa lebih fokus membangun bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” ujarnya.

Bahkan karena keberhasilan menekan angka pertumbuhan penduduk, lanjut Eko, Bupati Demak Drs H Tafta Zani MM dua kali menerima penghargaan di bidang KB dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. “Satya Lencana Wira Karya dianugerahkan kepada Bupati Tafta Zani karena keberhasilannya menggiatkan gerakan KB dengan melibatkan segenap elemen masyarakat. Di antaranya lewat kegiatan PKK, Posyandu, bidan desa, PKD, serta puskesmas dengan gerakan sayang ibu dan bayi,” kata Eko.

Kepala Bapermas KB Demak Bambang Susetyarto menambahkan, tahun ini pemkab kembali mengalokasikan dana Rp 400 juta di APBD untuk pengadaan implant. “Kemudian bagi ibu-ibu yang memilih kontrasepsi IUD, kita sediakan subsidi sebesar Rp 85 ribu,” ujarnya. ♦ mil/dmk

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super