PW Muslimat NU Jateng

Kembangkan Dakwah bil Kitabah, Pengurus Dilatih Jurnalistik


BERI MOTIVASI: Dra Hj Siti Aniroh Slamet Effendy Yusuf memberikan motivasi untuk mengembangkan dakwah bil kitabah. | Foto: PWMNU Jateng

MNU Online | SEMARANG – Era globalisasi meniscayakan setiap orang untuk menguasai informasi publik. Siapa yang dapat menguasai dan ‘memainkan’ informasi, maka dialah yang akan memenangkan opini publik. Sebaliknya, siapa yang gagap teknologi (gaptek), maka dialah yang akan tergilas.

Menyadari urgensi penguasaan informasi dan opini publik, PW Muslimat NU Jateng mengembangkan sistem dakwah menjadi dakwah bil kitabah (melalui tulisan) untuk melengkapi dakwah bil lisan (ceramah) dan dakwah bil mal (harta).

Dakwah bil kitabah bisa dilakukan melalui media elektronik dan cetak. Salah satu upaya untuk mendukung, PW Muslimat NU Jateng menyelenggarakan pelatihan jurnalistik.

(Baca: Perkuat Networking, Muslimat NU Jateng Gandeng Harian Suara Merdeka)

Ketua PW MNU Jateng, Prof Dr Hj Ismawati Hafied M.Ag mengungkapkan pelatihan jurnalistik ini merupakan follow up dari MoU yg telah terjalin beberapa waktu lalu antara PW dengan Harian Suara Merdeka yang merupakan perusahaan surat kabar terbesar di Jawa Tengah.

“Pelatihan jurnalistik ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM Muslimat NU Jateng, khususnya para pengurus, dalam hal penulisan artikel dan berita di media cetak maupun elektronik,” katanya.

“Sehingga ke depan para pengurus tidak ada lagi yang ketinggalan informasi, bahkan diharapkan mereka justru dapat mewarnai opini publik melalui pemberitaan dan penyebaran informasi yang benar, bukan hoax, karena ini adalah bagian dari dakwah bil kitabah.”

Pelatihan jurnalistik dilaksanakan di Gedung Pendidikan Muslimat NU Jateng, Ngaliyan, Semarang, Sabtu (21/1) . Diikuti para calon jurnalis yang berasal dari 38 cabang Muslimat NU se-Jawa Tengah.


TINGKATKAN KUALITAS: Pelatihan jurnalistik, upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dalam hal penulisan. | Foto: PWMNU Jateng

Sebagai pemateri yaitu Setiawan Hendra Kelana (pemimpin redaksi suaramerdeka.com dan suaramerdeka.tv) yang menyampaikan kiat menulis berita yang baik di media elektronik dan cetak. Lalu Mohammad Saronji (redaktur Suara Merdeka) menyampaikan materi teknik penulisan artikel.

(Baca: Layani Umat, Nomenklatur Muslimat NU Sejalan dengan Pemerintah)

Peserta pelatihan terlihat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Mereka berharap bisa membagikan wawasan jurnalistik dan kiat membuat tulisan yang mereka peroleh selama pelatihan kepada pengurus lainnya, termasuk di tingkat cabang dan ranting.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua IV PP Muslimat NU masa khidmat 2016-2021, Dra Hj Siti Aniroh Slamet Effendy Yusuf yang turut memberikan motivasi pada warga Muslimat NU untuk mengembangkan dakwah bil kitabah.

“Menulis bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun meski kita sedang di rumah, tanpa harus meninggalkan kewajiban kita dalam mengurus rumah tangga,” katanya.• meutia chudlori

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super