Workshop Pengelolaan Prukades

Kembangkan Produk Perdesaan, Muslimat NU Rangkul 6 Kabupaten Tertinggal


CINDERA MATA: Didampingi Sekum Hj Ulfah Masfufah, Nyai Hj Nurhayati menyerahkan cindera mata dalam workshop pengelolaan Prukades. | Foto: MANU Online

MNU Online | SEMARANG – Usai Bogor (Jawa Barat) dan Biring Ere (Sulawesi Selatan), PP Muslimat NU melanjutkan workshop pengelolaan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) di Semarang, Jawa Tengah, 25-29 November.

Kegiatan ini merupakan program advokasi Muslimat NU untuk mengembangkan produk unggulan di kawasan perdesaan, terutama para perempuan di desa tertinggal. “Termasuk mengangkat tingkat kesejahteraan ekonomi para perempuan di desa tertinggal,” ujar Ketua II PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Nurhayati Said Aqil Siroj MA.

Selain itu, kegiatan hasil kerjasama dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ini untuk memfasilitasi pengembangan produk lokal yang selama ini sudah berjalan agar lebih baik dari sisi kemasan, manajemen dan pemasaran.

(Baca: Angkat Kesejahteraan, Muslimat NU Tumbuhkan Wirausaha di Desa Tertinggal)

Kegiatan diikuti 61 peserta dari enam kabupaten daerah tertinggal, yakni Pandeglang (Banten), Musi Rawas (Sumatera Selatan), Bangkalan dan Sumenep (Jawa Timur), Lombok Timur (NTB) serta Timor Tengah Selatan (NTT).

Dalam workshop di Semarang ini, peserta diajak memanfaatkan produk unggulan berbasis potensi lokal dengan memanfaatkan bahan baku ikan bandeng.


POTENSI LOKAL: Peserta workshop pengelolaan Prukades memanfaatkan produk unggulan berbasis potensi lokal dengan memanfaatkan bahan baku ikan bandeng. | Foto: MANU Online

Dari ikan bandeng tersebut, Muslimat NU dan peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut mengelolanya menjadi otak-otak bandeng, bandeng presto, nugget ikan, dan bandeng presto tanpa duri serta didesain kemasanya agar menarik sehingga memiki daya jual.

Dalam kesempatan tersebut, Nurhayati selain memberikan sambutan juga menyerahkan cinderamata kepada Kepala BBPLK Semarang yang diwakili Kepala Bagian Penyelengaaraan, Dodi Suhardiyono.

Sedangkan Sekretaris Umum PP Muslimat NU, drg Hj Ulfah Masfufah M.Kes menyerahkan peralatan olahan ikan bandeng kepada peserta workshop.• rizky

Baca juga

Hidmat Muslimat NU Intensifkan Pelatihan Budidaya Tanaman Cabai

MNU Online | JAKARTA – Himpunan Da’iyah dan Majelis Taklim (Hidmat) Muslimat NU kembali menggelar …

Watch Dragon ball super