Rapat Anggota Tahunan

Kemenkop UKM: Digarap dengan Benar, Inkopan Bisa Jadi Kekuatan Besar


TENTUKAN ARAH KOPERASI: Pengurus Puskopan di delapan wilayah mengikuti RAT Inkopan Muslimat NU di Jakarta. | Foto: MNU Online

MNU Online | JAKARTA – Asal dikelola dengan benar, koperasi berbasis perkumpulan sosial sekelas Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Muslimat NU memiliki potensi dan peluang yang sangat mungkin dikembangkan menjadi kekuatan besar.

Hal itu ditegaskan Asisten Deputi Keanggotaan Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Salekan saat membuka RAT (Rapat Anggota Tahunan) Inkopan Muslimat NU di di Hotel Bintang Jakarta Pusat, Jumat (5/5).

Rujukannya Salekan: Inkopan menjadi bagian dari Muslimat NU dan Muslimat NU bagian dari Ormas besar NU. “Dari sisi organisasi di Inkopan ada tokoh atau kiai yang bila mampu mengakomodir anggota akan menjadi kekuatan yang bukan main,” tuturnya.

Pun demikian dalam hal permodalan yang bisa memanfaatkannya dari anggota alias tidak harus mengandalkan pinjaman bank atau bantuan pemerintah. “Sehingga keuntungan usaha koperasi juga lebih banyak kembali kepada anggota,” tandasnya.

(Baca: Lewat RAT, Inkopan Bertekad Lahirkan Koperasi Primer di Seluruh Daerah)

Namun ada beberapa persoalan yang mungkin menjadi kendala di antaranya kurang kreativitas. Padahal banyak usaha yang bisa digarap dan dikelola. “Kreativitas sangat penting karena bagaimanapun ada kompetisi di bidang usaha,” ujarnya.

Selebihnya dia menilai pengembangan ekonomi masyarakat melalui koperasi sangat tepat diterapkan di Indonesia karena koperasi berbasis kerakyatan.

“Keuntungannya bisa dibagi rata kepada semua anggota, jadi semuanya mendapatkan manfaat,” katanya. Selain itu, melalui koperasi ada rentetan bisnis yang pengelolaannya memaksimalkan potensi semua anggota.

Salekan juga mengapresiasi Inkopan yang penyelenggaraan RAT karena ‘denyut nadi’ koperasi bisa diraba lewat rapat tahunan ini. Dia pun mendorong Inkopan agar terus berkembang dan meningkatkan diri untuk kemajuan umat karena kemiskinan mendekatkan diri pada kekufuran . • riz

Baca juga

Khofifah: Jangan Biarkan Investasi Akhirat Tergerus Lewat Handphone

MNU Online | TANGSEL – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super