Home » WARTA »


Khofifah: Penegakan Hukum di Indonesia Jauh dari Rasa Keadilan

kip-sip-1SIDOARJO-Karena masih jauh dari rasa keadilan, penegakan hukum di Indonesia menjadi perhatian serius Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU, Hj Khofifah Indar Parawansa.

Menurut mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Gus Dur ini, sejak dulu hingga sekarang ternyata masih banyak diketemukan berbagai kasus yang diselesaikan lewat persidangan, namun masih jauh dari rasa keadilan, khususnya bagi terdakwa yang belum tentu bersalah.

“Memori kita masih segar, banyak kasus penegakan hukum di negara kita, namun tidak memenuhi rasa keadilan,” ujarnya disela-sela acara Harlah Muslimat NU ke 66 di Masjid Agung Sidoarjo, Minggu (18/3/2012).


Dia mencontohkan, kasus pemberian uang cek pelawat kepada sejumlah anggota DPR RI dalam pemilihan Gubernur Bank Indonesia yang melibatkan Miranda Gulton. Meskipun, sudah dinyatakan tersangka, namun hingga hari ini KPK belum melakukan tindakan tegas terhadap mantan Gubernur BI tersebut.

Ironisnya, banyak kasus yang melibatkan masyarakat yang lemah dan tak berdaya, para penegak hukum ini main tangkap sekaligus mengadilinya begitu saja. Padahal, mereka (penegak hukum), khususnya polisi sering salah tangkap.

“Karena itu, seluruh penegak hukum harus introspeksi, terutama pihak kepolisian dan KPK,” tegasnya.

Mantan anggota DPR RI ini juga menambahkan, kasus pembunuhan terhadap Riyadis Sholikin dengan terdakwa Briptu Eko Ristanto, anggota Satreskrim Polres Sidoarjo hendaknya cukup menjadi tamparan keras bagi pihak kepolisian selaku penegak hukum.

“Beruntung, Sholikin ini dari Sidoarjo yang warganya mayoritas NU. Sehingga, banyak mendapat dukungan dari warga NU. Jika tidak, pasti dia juga menjadi korban ketidakadilan hukum,” terangnya.

Untuk itu, dia berharap, kepada seluruh elemen penegak hukum di Indonesia untuk mawas diri agar rasa keadilan dalam penegakan hukum bagi seluruh warganya bisa terpenuhi.lensaindonesia.com/mil

Baca juga

BERPULANG: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim wafat) di Jakarta, Kamis (8/3). | Foto: NU Online

Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, Mantan Ketum PP Muslimat NU Wafat

MNU Online | JAKARTA – Tepat di Hari Perempuan Internasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat …

Watch Dragon ball super