Komitmen FP2020, YKMNU Pusat Gelar Pelatihan Motivator Keluarga Berencana

farida__gus-sholah-2

PERAN AKTIF: Farida Salahuddin Wahid (empat dari kiri), sejak 1967 Muslimat NU sudah berperan serta dalam sosialisasi KB ke masyarakat. | Foto: MNU Online

MNU Online | JAKARTA – Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKMNU) Pusat bekerjasama dengan John Hopkins Center of Communication Programs (JHCC) serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan pelatihan motivator Keluarga Berencana (KB) di PC Muslimat NU Jakarta Timur.

Selain di Jakarta Timur, kegiatan serupa sudah dilaksanakan di beberapa wilayah, yakni Klaten, Cilacap, Brebes dan selanjutnya di Jakarta Utara. Dari lima kabupaten/kota tersebut diharapkan akan lahir 300 motivator yang sudah dilatih sebelumnya.

Di Jakarta Timur, kegiatan berlangsung mulai 25 hingga 27 Mei 2016, dibuka Hj Siti Aniroh SEY, perwakilan dari PP Muslimat NU. Dia berharap pelatihan semacam ini bisa menghasilkan para motivator kompeten yang bisa memberikan motivasi multidimensi mulai dari hulu sampai hilir.

“Dengan lahirnya motivator-motivator KB ini, mereka akan memberi pendampingan kepada para ibu muda maupun remaja yang akan menikah. Sehingga, ketika mereka menjadi ibu rumah tangga akan tahu bagaimana cara mengatur kelahiran supaya anak sehat, ibu sehat dan cantik,” papar sekretaris umum PP Muslimat NU tersebut.

PP Muslimat NU, lanjut Siti, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan YKMNU sebagai perangkat Muslimat NU yang merupakan kepanjangan tangan untuk program-program berkaitan dengan sosial kesehatan serta lingkungan hidup.

Sementara itu Ketua YKMNU Pusat, Farida Salahudin Wahid dalam sambutanya berharap Muslimat NU berperan dalam penjangkauan masyarakat untuk strategi pencapaian FP2020 (Family Planning 2020). Targetnya 120 juta perempuan Indonesia bisa mengakses alat kontrasepsi.

“Mengenai KB, Muslimat NU sudah lama ikut mendukung program tersebut. Sejak 1967 Muslimat NU sudah berperan serta dalam sosialisasi KB ke masyarakat serta konsisten menyuarakan KB sampai sekarang,” tuturnya. ♦ win

Baca juga

Khofifah: Jangan Biarkan Investasi Akhirat Tergerus Lewat Handphone

MNU Online | TANGSEL – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super