Peresmian Ponpes Rodhiyatan Mardhiyah

Lansia Telantar 2,1 Juta, Potensial Telantar 1,8 Juta


PRASASTI: Penandatanganan prasasti peresmian gedung Pondok Pesantren-Panti Lansia Rodhiyatan Mardhiyah. | Foto: MNU Online

MNU Online | BATU – Populasi lansia (lanjut usia) di Indonesia semakin tinggi. Saat ini tercatat 20,5 juta jiwa dan akan mencapai 28 juta pada 2010. Sedihnya lagi, belum semuanya terurus dengan baik. Data Kementerian Sosial mencatat: Jumlah lansia telantar sebanyak 2,1 juta dan potensial telantar 1,8 juta.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PP Muslimat NU yang juga Menteri Sosial, Dra Nyai Hj Khofifah Indar Parawansa MSi saat Halal bi Halal 1438 H dan Peresmian Gedung Ponpes-Panti Lansia Rodhiyatan Mardhiyah PC Muslimat NU Kota Batu di Lapangan Lesti Utara, Kelurahan Ngaglik, Jumat (4/8).

(Baca: Telan Biaya Rp 1,5 Miliar, Peresmian Bersamaan dengan Ultah Gus Dur)

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat di antaranya Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto; Ketua MUI Kota Batu, KH Nur Yasin; Ketua Tim Penggerak PKK, Dewanti Rumpoko; serta Camat Batu, Arief Setiawan.

Dari jajaran Muslimat NU hadir Ketua PW Muslimat NU Jawa Timur, Dra Nyai Hj Masruroh Wahid MSi; Ketua PC Muslimat NU Kota Batu, Hj Azizah Gufron; serta pimpinan ranting dan Ancab Muslimat NU se-Kota Batu.


PEDULI LANSIA: Ketum Nyai Hj Khofifah IP, panti lansia cukup banyak tapi yang menyiapkan Ponpes lansia tak banyak. | Foto: MNU Online

Dengan populasi yang tinggi, lanjut Khofifah, “Maka pada saatnya kita akan masuk ageing country (negara dalam kelompok berstruktur lansia).”

Karena itu, tambahnya, seluruh layanan bagi lansia menjadi kebutuhan dan hal tersebut adalah tugas kita bersama untuk memaksimalkan pelayanannya, termasuk penyiapan pondok pesantren (Ponpes) lansia.

“Panti lansia cukup banyak, tapi yang menyiapkan Ponpes tak banyak. Padahal makin lansia berarti harus semakin banyak melakukan persiapan menghadap kehadirat Allah Swt. Tidak berarti yang tidak lansia tak bersiap-siap,” tandasnya.

(Baca: Pererat Jalinan Kerjasama Lewat Jamuan Makan Siang)

Khofifah juga berterima kasih kepada Muslimat NU se-Kota Batu yang telah menyelesaikan pembangunan Ponpes Lansia Rodhiyatan Mardhiyah. “Mudah-mudahan menjadi jariyah dan nanti ketemu di surga Allah,” katanya.

Alhamdulillah Kiai Munir yang telah mewakafkan tanah ini, mudah-mudahan Muslimat NU Kota Batu bisa memanfaatkan sebaik-baiknya.”

Dia lantas menuturkan, empat tahun lalu bersama Dewanti Rumpoko melakukan peletakan batu pertama. Dua tahun kemudian Khofifah datang lagi untuk meninjau secara langsung proses pembangunan yang baru selesai 70 persen.

“Saat itu saya katakan, kalau saya yang melakukan peletakan batu pertama, maka saya berharap Allah anugerahkan bisa peletakan genting terakhir,” katanya.


SANTUNAN UNTUK LANSIA: Penyaluran bantuan untuk lansia saat peresmian Pondok Pesantren-Panti Lansia Rodhiyatan Mardhiyah. | Foto: MNU Online

Meski pembangunan gedung telah selesai, namun proses untuk mengisi Ponpes lansia bukan hal yang mudah. Butuh perjuangan dan riyadhoh agar selalu mendapat kemudahan dari Allah.

(Baca: Bupati Suyoto: Melihat Keikhlasan Muslimat NU, Saya Ikut Mbrebes Mili)

“Mari kita membaca amalah yang diijazahkan Mbah Hamid (KH Abdul Hamid)  Pasuruan. Jika ingin memulai dari proses untuk mengisi apakah rumah, panti asuhan, Ponpes, mari sama-sama  membaca burdah,” ajaknya.

Seluruh hadirin pun terlihat khusyu’ dan tertunduk membaca burdah di waktu menjelang maghrib tersebut:

Maula ya shalli wa sallim daiman abada
‘Ala habibika khairil khalqi kullihimi
Huwal habibul ladhi turja syafa’atuhu
Likulli haulin minal ahwali muqtahami
Ya rabbi bil Mustafa balligh maqashidana
Waghfir lana ma madha ya wasi’al karami

Selain melakukan peresmian dan penandatanganan prasasti, Khofifah juga menyerahkan santunan untuk lansia. Dilanjut meninjau gedung Ponpes yang diawali dengan pengguntingan pita. Sebagai wujud syukur dilakukan pemotongan tumpeng.• nur

 

Baca juga

SEMPAT MERINDING: Nyai Nurhayati memberikan sambutan saat halal bi halal PP Muslimat NU di TMPNU Kalibata, Jaksel, Minggu (8/7). | Foto: MNU Online

Nyai Nurhayati: Sebelum Coblosan, Warga Muslimat NU Sempat Merinding

MNU Online | JAKARTA – Begitu cintanya warga Muslimat NU kepada Ketua Umumnya, Dra Nyai …

Watch Dragon ball super