Rapat Anggota Tahunan

Lewat RAT, Inkopan Bertekad Lahirkan Primer Koperasi di Seluruh Daerah


RAT INKOPAN: (Dari kiri) Hj Anna Muawanah, Salekan dan Hj Siti Aniroh saat pembukaan RAT Inkopan Muslimat NU di Jakarta. | Foto: MNU Online

MNU Online | JAKARTA – Bertempat di Hotel Bintang Jakarta Pusat, Jumat (5/5), Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Muslimat NU menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku 2016.

Acara dibuka Asisten Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM), Salekan yang sekaligus memberikan sejumlah pandangan terkait peningkatan kinerja Inkopan.

Sedangkan peserta RAT yakni Pengurus Pusat Koperasi An-Nisa (Puskopan) di delapan wilayah: DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat.

Dalam sambutannya, Ketua Inkopan Muslimat NU, Hj Anna Muawanah menyampaikan RAT memiliki relevansi sebagai upaya meningkatkan kinerja, baik terkait penguatan kelembagaan maupun pelayanan ekonomi produktif bagi anggota.

“Harapan ke depan dari RAT Inkopan ini adalah meningkatkan kinerja yang mampu melahirkan Pusat Koperasi dan Primer Koperasi An-Nisa di berbagai wilayah di Indonesia,” terang Anna.

(Baca: Khofifah: Hapus Mental Korupsi dengan Generasi Qur’ani)

Sementara Ketua IV PP Muslimat NU, Dra Hj Siti Aniroh Slamet Effendy mengungkapkan RAT menjadi media agar Inkopan dapat semakin mendapat trust dari anggota.

“RAT ini memperingan tugas pengurus dengan adanya pelaporan (melalui tutup buku) serta meningkatkan trust yang bagus dari para anggota,” katanya.

Dia menuturkan, pada 25 April lalu pihaknya telah melakukan audiensi dengan Kemenkop dan UKM. Pada kesempatan tersebut Kemenkop dan UKM membuka sejumlah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja Inkopan.

Aniroh mencotohkan program pelatihan tingkat nasional yang akan dibantu sepenuhnya. Begitu pula dengan bidang pemasaran baik di dalam maupun ke luar negeri.

“Kementerian Koperasi bersedia  mendukung. Misalnya bila ada produk dari daerah, lalu ada pameran Inkopan dapat membuka stan untuk mengenalkan produknya,” paparnya, sembari mendorong Inkopan agar mendata semua usaha yang dijalankan.• riz

Baca juga

PENGUATAN MAJELIS TAKLIM: Workshop Bidang Ekonomi dan Koperasi Muslimat NU di Gedung PBNU, Rabu (7/11). | Foto: MNU Online

Hindari Rentenir, Muslimat NU Perkuat Majelis Taklim dengan Koperasi

MNU Online | JAKARTA – Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Muslimat NU akan membantu membuatkan koperasi …

Watch Dragon ball super