Rapimnas Muslimat NU

Mendes: Saya Jadi Menteri karena NU, Harus Bermanfaat untuk NU


MENTERI KELUARGA NU: Eko Putro Sandjojo menerima cindera mata berupa buku “70 Tahun Muslimat NU” usai mengisi materi pada Rapimnas. | Foto: MNU Online

MNU Online | BOGOR – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menegaskan dirinya bisa duduk di kursi menteri karena Nahdlatul Ulama (NU). Karena itu program-program yang ada di kementeriannya sebisa mungkin bermanfaat untuk warga NU.

“Saya jadi menteri karena NU, ya mesti ada gunanya untuk NU dan Muslimat NU adalah bagian dari NU,” katanya saat menyampaikan materi program Kemendes PDTT yang dapat disinergikan dengan Muslimat NU terkait pemberdayaan perempuan dalam acara Rapimnas Muslimat NU di Sentul, Bogor, Sabtu (25/3).

“Ini kesempatan bagi NU, untuk membantu mengangkat warga kita dari kaum marjinal agar bisa menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

(Baca: Inilah Tujuh Hal yang Dibutuhkan Warga Muslimat NU)

Terkait peran Muslimat NU, hal yang bisa dilakukan yakni membuat sejumlah pelatihan yang akan dibiayai Kemendes serta turut mengawal dana desa dari pusat agar tidak terjadi penyelewengan.

“Apalagi Bapak Presiden Joko Widodo terus menaikkan anggaran dari tahun ke tahun, tahun depan nanti juga ada kenaikan,” katanya.

Dari 2015, menurut Eko Putro, besar dana desa yakni Rp 20,8 triliun, naik menjadi Rp 46,96 triliun di 2016 dan di 2017 ini dinaikkan menjadi Rp 60 triliun. Bahkan tahun depan akan dinaikkan lagi menjadi Rp 120 triliun.

Sementara dari anggaran Rp 60 triliun yang diterima tahun ini, Kemendes akan membagikannya untuk 74.910 desa di Indonesia. “Setiap desa akan mendapat anggaran sebesar Rp 750-900 juta,” tandasnya.• nur

Baca juga

SILATURAHIM PP MUSLIMAT NU-WAPRES: Silaturahim Pengurus PP Muslimat NU dengan Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/7). | Foto: MNU Online

Temui Wapres JK, Khofifah Sampaikan Keberhasilan Muslimat NU di Pilkada

MNU Online | JAKARTA – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super