Kabar Duka

Mertua Khofifah Berpulang, Muslimat NU se-Indonesia Berbelasungkawa


DUKA CITA: Ketum Hj Khofifah IP, hari ini kehilangan bapak mertuanya yang dipanggil menghadap Allah Swt. Semoga almarhum khusnul khatimah. | Foto: MNU Online

MNU Online | SURABAYA – Ucapan belasungkawa mengalir deras dari penjuru tanah air — tak terkecuali warga Muslimat NU — atas wafatnya H Djalaluddin Parawansa Karaeng Tojeng bin Mannagalli Karaeng Nyonri (82 tahun), bapak mertua Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi, Sabtu (13/5).

Di Grup WhatsApp (WA) PW Musimat NU maupun MNU Zona Jawa, seharian ini yang terlihat hanya postingan ucapan belasungkawa. Selain turut berduka dan mendoakan semoga almarhum khusnul khotimah, para pengurus Muslimat NU di berbagai tingkatan pimpinan tersebut juga mendoakan Khofifah agar diberi kesabaran dan kekuatan.

“Semoga (almarhum) diberi tempat yang mulai di sisi-Nya dan khusnul khotimah,” tulis Sekretaris PW Muslimat NU DKI Jakarta, Hj Yayah Ruchyati. “PW Muslimat NU Bali turut berduka cita yang mendalam,” sambung Ketua PW Muslimat NU Bali, Hj Dra Hj Any Hani’ah MA.

(Baca: Hadiri Haul Agung Sunan Ampel, Satu Jam Khofifah Larut dalam Munajat)

“..Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran oleh-Nya. Amin,” ucap Ketua PW Muslimat NU Jawa Timur, Dra Hj Masruroh Wahid MSi. “Kami dari PW Kalimantan Barat turut berduka, semoga almarhum khusnul khotimah. Al Fatihah,” tambah Ketua PW Muslimat NU Kalbar, Dra Hj Isriyah.

Khofifah menerima kabar duka tersebut saat berada di kediamannya Jemursari, Surabaya, sekitar pukul 07.30 WIB jelang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Jombang untuk menghadiri pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) non tunai serta acara PC Muslimat NU. Jumat (12/5) malam sebelumnya, Khofifah menghadiri acara Haul Agung Sunan Ampel di Jalan Pegirian.

Mendapat kabar bapak mertuanya wafat, Khofifah pun batal menghadiri acara di Jombang dan langsung bertolak ke Makassar. “Ya, Bu Menteri batal hadir di Jombang dan ini akan bertolak ke Makassar,” terang Staf Khusus Mensos, Prof M Mas’ud Said PhD yang turut mendampingi ke Makassar.

Keturunan Ulama Besar


KETURUNAN ULAMA BESAR: H Djalaluddin Parawansa bersama cucu-cucunya dalam satu kesempatan. Djalaluddin masih keturunan Syaikh Yusuf Al Makassari, penyebar Islam kelahiran Goa di Afsel. | Foto: Dok Keluarga

Menurut Prof Mas’ud, Djalaluddin Parawansa merupakan keturunan Syeikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makassari Al-Bantani (akrab dipanggil Syaikh Yusuf Al-Makassari) penyebar Islam kelahiran Goa, Sulawesi Selatan di Afrika Selatan (Afsel).

Syaikh Yusuf yang dimakamkan di Cape Town, Afsel mendapat gelar Pahlawan Nasional yang diberikan Presiden Soeharto pada 1995. “Nah, mertua Ibu Khofifah ini masih keturunan Syaikh Yusuf Al Makassari. Bapak Djalaluddin merupakan ayah dari suami Bu Khofifah, almarhum Pak Indar Parawansa,” terangnya.

Guru Besar Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut menambahkan, tahun ini bisa dikatakan tahun kesedihan (‘aamul huzni) bagi Khofifah karena ditinggal sejumlah orang dekatnya.

(Baca: Khofifah: Hapus Mental Korupsi dengan Generasi Qur’ani)

Mulai dari guru spiritualnya, mantan Ketua Umum PBNU dua periode KH Hasyim Muzadi,  lalu mantan Ketua PP Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) dan A’wan PBNU yang masih cucu mantu KH Bisri Syansuri, KH Aziz Masyhuri dan sekarang bapak mertuanya, Djalaluddin Parawansa.

Duka juga dirasakan atas wafatnya Ustadz Ja’far Abdul Rachman ketika menjadi qori’ pada Peringatan Haul Almarhumin Keluarga Khofifah di Jemursari, 24 April lalu. Terlebih Khofifah menyaksikan langsung detik-detik sebelum Ustadz Ja’far menghembuskan napas terakhir.

“Bu Khofifah ini dekat sekali dengan Bapak Djalaluddin. Layaknya bapak dan anak kandung, bukan sebatas anak menantu,” kata Prof Mas’ud.• nur

Baca juga

SEMPAT MERINDING: Nyai Nurhayati memberikan sambutan saat halal bi halal PP Muslimat NU di TMPNU Kalibata, Jaksel, Minggu (8/7). | Foto: MNU Online

Nyai Nurhayati: Sebelum Coblosan, Warga Muslimat NU Sempat Merinding

MNU Online | JAKARTA – Begitu cintanya warga Muslimat NU kepada Ketua Umumnya, Dra Nyai …

Watch Dragon ball super