PCMNU Karanganyar Peduli Kesehatan

Metode Sadari, Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara


PEDULI KESEHATAN: Penyuluh dan peserta berfoto bersama usai acara penyuluhan tentang kanker payudara. | Foto: PCMNU Karanganyar

MNU Online | KARANGANYAR – Kanker payudara menjadi penyakit mematikan kedua bagi wanita setelah kanker serviks. Merujuk data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), jumlah pasien rawat jalan maupun inap untuk kasus kanker payudara tercatat paling banyak: 12.014 orang (28,7 persen) dan kanker serviks 5.349 orang (12,8 persen).

Sedangkan data Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Kementerian Kesehatan mencatat, kanker payudara di Indonesia memiliki tingkat kematian tertinggi dengan angka 21,5 pada setiap 100.000.

Menyadari kondisi tersebut, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan PC Muslimat NU Kabupaten Karanganyar memberikan penyuluhan tentang kanker payudara kepada ibu-ibu Muslimat NU dan masyarakat Kecamatan Jaten, Karanganyar di Masjid Muhajirin, Perumahan Josroyo, Jaten, Selasa (7/2).

(Baca: Tambah Income Keluarga sekaligus Kurangi ‘Aktivitas’ Ngerumpi)

Hadir sebagai narasumber yakni dr Farida, pengurus LKNU. Dalam penyuluhannya, dia menyampaikan metode Sadari alias pemeriksaan payudara sendiri yang dianjurkan untuk ibu-ibu Muslimat NU. Sadari perlu dilakukan rutin dalam satu bulan sekali atau 7-10 hari setelah menstruasi.

“Metode ini untuk mendeteksi dini adanya penyakit kanker payudara. Bisa dilakukan sendiri tanpa harus dilakukan melalui tenaga kesehatan,” katanya.

Kegiatan peduli kesehatan ini dilakukan secara rutin setiap bulan, setiap tanggal 7 di Masjid Muhajirin, Jaten. Tema maupun pengisi materi berbeda-beda setiap kegiatan.

Peserta sangat antusias dan aktif bertanya. Apalagi dari peserta ada yang pernah mengalami penyakit mematikan tersebut dan membagikan pengalamannya.

Sementara itu Ketua PC Muslimat NU Kalanganyar, Dra Hj Suliyastuti mendukung penuh kegiatan ini. “Supaya ibu-ibu tahu tentang penyakit kanker dan bisa melakukan pencegahan sedini mungkin. Dengan hidup sehat akan semangat dalam beribadah,” katanya.• nur

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super