Moment Bulan Suci, Khofifah Ingatkan Teladan Orang Tua Dibutuhkan Buah Hati

kalbar__pelantikan-pw
MUSLIMAT KALBAR: Ketum Khofifah melantik pengurus PW Muslimat NU Kalimantan Barat, Sabtu (11/6) | Foto: MNU Online

MNU Online | MEMPAWAH – Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mengajak orang tua agar memanfaatkan moment bulan suci Ramadhan dengan melakukan hal-hal yang berguna, termasuk memberi teladan terhadap putra-putrinya.

“Ada orang tua yang masih sibuk nonton televisi, SMS, atau menghabiskan waktu di depan handphone. Padahal ini bulan suci Ramadhan,” ujar Khofifah usai melantik pengurus PW Muslimat NU Kalimantan Barat (Kalbar) yang digelar bersamaan dengan pelantikan pengurus PC Muslimat NU se-Kalbar periode 2016-2021 di Wisma Chandramidi, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (11/6).

Khofifah mengingatkan para orang tua, terutama suami, agar kembali introspeksi terhadap apa yang sudah dilakukan dalam upaya membimbing anak serta menjaga keluarganya.

“Tugas membimbing anak jangan hanya dibebankan kepada istri, tapi suami dan istri sebagai pondasi ketahanan keluarga agar tercipta keseimbangan,” katanya.

Buah dari sikap tawazun (serasi dan simbang) inilah, lanjut Khofifah, maka Nahdliyin (warga NU) — dalam berbagai hal, termasuk mendidik anak dan menjaga keluarga — bisa menjadi pribadi yang tawasuth, di tengah-tengah, tidak tertarik ke ektrem kiri atau kanan.

“Bangunan berislam orang NU itu tawazun, tasamuh (toleran), tawasuth dan i’tidal (adil dan tegas). Maka orang berislam selain membangun ketauhidan juga harus diikuti dengan bangunan syariat,” tandas Khofifah dalam acara yang juga dihadiri Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana tersebut.

Selain pelantikan, acara disertai ikrar dan deklarasi Laskar Anti Narkoba, sebagai ujung tombak Muslimat NU melawan penyalahgunaan napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif).

“Pembentukan laskar ini bagian dari ikhtiar. Karena godaan (kemungkaran) begitu besar. Selain ikhtiar, riyadhoh juga harus kita tingkatkan sebagai upaya spiritual untuk melindungi anak-anak dan keluarga kita dari ancaman bahaya narkoba,” tandas Khofifah. ♦ aks/jey

Baca juga

BERPULANG: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim wafat) di Jakarta, Kamis (8/3). | Foto: NU Online

Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, Mantan Ketum PP Muslimat NU Wafat

MNU Online | JAKARTA – Tepat di Hari Perempuan Internasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat …

Watch Dragon ball super