Home » WARTA »


Muslimat Angkat Anak Asuh Puluhan Penyandang Disabilitas

disabilitasJAKARTA-Muslimat Nahdlatul Ulama menjadikan momentum Ramadhan untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak penyandang disabilitas. Organisasi perempuan terbesar di Indonesia ini memberi santunan kepada mereka melalui program Amaliyah Ramadhan, di Yayasan Permata Disabilitas, Pondok Bambu, Kamis (9/8).

Ketua Bidang Sosial, Budaya dan Lingkungan Hidup PP Muslimat NU, Asna Nelly Wahid, mengatakan, pihaknya merasa senang bisa berbagi kebahagiaan dengan anak-anak penyandang disabilitas yang mayoritas adalah anak yatim.


“Kita memberi mereka susu, peralatan mandi, biskuit, dan lain-lainnya. Alhamdulillah, mereka senang menerima kehadiran kita,” katanya kepada Duta.

Menurutnya, Muslimat tidak hanya memberi santunan, tapi juga mengangkat mereka sebagai anak asuh yang akan mendapat perhatian serius Muslimat. “Muslimat mengangkat mereka sebagai anak asuh. Kita akan membantu sesuai kebutuhan mereka,” jelasnya.

Muslimat, jelas Nelly, telah menghimpun dana sebesar 50 juta dari pengurus Muslimat untuk disumbangkan kepada mereka. Meskipun pengangkatan mereka sebagai anak asuh dilakukan secara spontan, namun dana yang terkumpul berlangsung cepat, sehingga program bisa segera dijalankan.

“Kebutuhan anak-anak cacat itu berbeda-beda, ada yang perlu penyangga kaki, penyangga dada rontgsen tubuh, dan kursi roda. Yang butuh kursi roda ya kita belikan kursi roda. Pokoknya kita membantu sesuai kebutuhan mereka. Dana itu telah siap,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, anak-anak peyandang disabilitas itu kini berada di bawah asuhan Yayasan Permata Disabilitas. “Mereka yang penyandang disabilitas peduli terhadap anak-anak disablitas. Makanya kita, ibu-ibu Muslimat terketuk membantu mereka,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Yayasan Permata Disabilitas merupakan Yayasan yang bergerak di bidang rehabilitasi berbasis masyarakat. “Kegiatannya memberikan pelatihan baik anak maupun ortunya yang mempunyai anak-anak berkebutuhan khusus yang tidak mampu,” tuturnya.

Selain itu, jelas Nelly, mereka juga memberikan santunan bagi anak yatim cacat dari keluarga penyandang cacat. “Mereka ada yang tuna daksa, tuna grahita, tuna netra, celebral palsy, dan tuna rungu. Atas dasar keprihatinan itu, Bidang Sosial, Budaya dan Lingkungan Hidup Muslimat NU menjadikan mereka anak asuh,” katanya.

Muslimat, lanjutnya, berharap kelak bisa menjadi anak mandiri dengan bantuan yang diberikan. “Jika kebutuhan mereka terpenuhi kebutuhan terhadap alat-alat tubuh mereka sehingga pada ahirnya mereka dapat mandiri dan percaya diri,” katanya.mil

Baca juga

BERPULANG: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim wafat) di Jakarta, Kamis (8/3). | Foto: NU Online

Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, Mantan Ketum PP Muslimat NU Wafat

MNU Online | JAKARTA – Tepat di Hari Perempuan Internasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat …

Watch Dragon ball super