Muslimat Depok Kembangkan Produk Lokal

MNU Online | DEPOK – Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kota Depok terus berupaya mengembangkan produk lokal. Salah satunya, dari buah belimbing dan jambu merah terus dikembangkan produk olahan. Ketua PC Muslimat NU Kota Depok Hj. Dewi Syarifah mengaku pihaknya sedang fokus pada pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Diantaranya, dengan mengembangkan ketrampilan kaum ibu yang bisa meningkatkan pendapatan  ekonomi keluarga maupun Kota.

“Kita tidak muluk-muluk dalam menjalankan program kerja. Saat ini, kita berupaya konsen pada pemberdayaan perempuan bidang ekonomi. Anggota Muslimat yang tersebar di 11 Kecamatan, ternyata telah menjalankan ketrampilan maupun usaha pengolahan  belimbing maupun jambu merah. Kita tinggal membina dan mengembangkan saja,” terangnya dalam acara Raker Muslimat NU Depok. Gedung Dakwah MUI, Jalan Nusantara,  Jumat (25/2).

Dewi mengaku, selama ini banyak anggota Muslimat yang mengembangkan usaha rumahan dalam pengolahan belimbing maupun jambu merah. Ia mencontohkan, dari buah belimbing dewa bisa diolah menjadi saos, dodol, wajid, manisan, jus dll. Pihaknya akan terus mengembangkan hasil olahan produk lokal kota Depok.

Selain itu, imbuhnya,  yang perlu dikembangkan adalah ketrampilan kaum ibu Muslimat seperti: kerajinan,  membuat manik-manik dll. Dalam mengembangkan usahanya, pihaknya akan bekerjasama dengan instansi ataupun pihak lain.

Meski begitu, Muslimat juga berusaha secara mandiri. Diantaranya, melakukan pembinaan secara khusus bagi anggota dan membantu pemasaran. Pihaknya juga memberdayakan koperasi annisa yang merupakan binaan Muslimat. Salah satunya, dengan menjadikan koperasi sebagai tempat untuk memasarkan.

“Dari hasil produk olahan dan kerajinan mereka  itu, kita bisa memasarkannya lewat koperasi. Bisa saja, kita berikan tempat khusus untuk memajang hasil produk-produk olahan atau hasil ketrampilan,”terangnya.

Senada dengannya, Ketua Panitia Raker Muslimat Kota Depok Dra. R. Zulfatullaila mengaku kebanyakan peserta raker yang hadir adalah pelaku bisnis tersebut. Ia mencontohkan, anggota PAC Muslimat Pancoran Mas merupakan penghasil olahan belimbing menjadi saos. Dirinya menambahkan, Muslimat NU Depok turut serta memberikan andil dalam pengembangan produk lokal kota Depok.

“Muslimat sampai saat ini, terus berupaya dalam mengembangkan produk lokal dan unggulan kota Depok,”tutur Wakil Ketua Muslimat NU Depok ini.

Zulfah menuturkan, dalam acara raker Muslimat Depok juga di adakan acara rapat anggota tahunan (RAT) Koperasi An-Nisa. Menurutnya, RAT tersebut pertama kali diadakan. Sebagai ketua terpilih adalah Hj. Nursi Arsirawati atau ketua lama. Ia menambahkan, melalui koperasi annisa banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengembangkan  perekonomian kaum ibu.

Sementara itu, ketua Koperasi An-Nisa Nursi Arsirawati mengaku produk olahan dari belimbing dan jambu merah memiliki prospek cerah di masa depan. Terbukti, produk unggulan ini diminati diberbagai tempat saat melakukan pameran. Untuk itu, dirinya akan berusaha keras dalam mengembangkan koperasi tersebut. “Produk lokal Depok layak dikembangkan. Melalui koperasi An-Nisa ini kita kembangkan lebih luas lagi agar di kenal sampai luar negeri,”tuturnya.

Acara Raker Muslimat NU Depok dibuka oleh Ketua PC NU Kota Depok KH. Burhanuddin Marzuki. Tampak hadir dari PP Muslimat NU Siti Masykuriyah memberikan materi tentang sejarah NU dan interpreneurship. Acara tersebut dihadiri semua perwakilan 11 PAC dan Pengurus PC Muslimat NU Depok. ♦ mil/aan

 

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super