Muslimat NU Diminta Turut Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk

MNU Online | BREBES – Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) diminta turut mengendalikan laju pertumbuhan penduduk baik melalui dakwah maupun program kerja pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Propinsi Jawa Tengah Sri Murtiningsih melalui Kabid ADPIN Nanik Budi Hastuti saat sambutan menggelar puncak Hari Lahir (Harlah) ke-66 Muslimat NU di Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang Kidul.

Peringatan Harlah ke-66 Muslimat NU di Brebes yang beralangsung pada Sabtu (31/3) lalu berlangsung meriah. Lebih kurang 10 ribu pengunjung memadati halaman pondok pesantren Darussalam asuhan KH Syeh Sholeh Basalamah. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PW Muslimat NU Prof DR Hj Ismawati MAg, Ketua PC NU Brebes H Athoillah SE MSi, Bupati Brebes H Agung Widyantoro SH MSi dan para alim ulama.

Kabid ADPIN Nanik Budi Hastuti menyatakan, pengendalian laju pertumbuhan penduduk (LPP) di Jawa Tengah mencapai 0,37 prosen dari jumlah penduduk Jawa Tengah sebanyak 32,38 juta jiwa. Meskipun LPP  sudah sangat rendah se Indonesia, tetapi secara kuantitas jumlah penduduk masih besar, yang artinya pasangan usia subur masih besar pula.

Diakui, penduduk yang banyak akan menjadi modal pembangunan apabila mempunyai kualitas yang baik. Namun sebaliknya, penduduk yang banyak akan menjadi beban pembangunan apabila kualitasnya tidak baik.

Berdasarkan Indeks Pembangunan (IPM), Indonesia berada pada urutan 108 dari 187 negara di dunia pada tahun 2010. Pada tahun 2011, mengalami penurunan menjadi urutan 124 dari 187 negara. Sedangkan Jawa Tengah berada pada urutan 14 dari 33 Provinsi di Indonesia.

Yang perlu mendapat perhatian, Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan di Jawa Tengah pada tahun 2011 meningkat sebesar 116/100.000 kelahiran hidup.  Padahal tahun 2010, sebesar 104/100.000 kelahiran hidup. “Kami sangat berharap ada upaya sungguh-sungguh  demi peningkatan kesejateraan bersama.

Kepada Muslimat NU Brebes, Kepala BKKBN Provinsi mengucapkan terima kasih atas upayanya turut mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Muslimat mendapatkan predikat pertama dalam pencapaian terbanyak pelayanan KB dalam rangka Bakti Sosial Muslimat NU tingkat Jawa Tengah 2012. PC Muslimat NU Brebes mendapatkan Piala, Sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta, gynbed dan alat kesehatan. Juara 2 diraih PC Muslimat NU Sragen, mendapat sertifikat, piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.750.000,-, gynbet dan alat kesehatan, sedang juara 3 diraih PC Muslimat NU Banjarnegara dengan hadiah sertifikat, piala, uang pembinaan sebesar Rp. 2,5 juta, Gynbed dan alat kesehatan.

Ketua PC Muslimat NU Brebes H Nurhalimah SH mengaku gembira atas predikat tersebut. Baginya, PC Muslimat NU senantiasa turut membantu pemerintah dalam berbagai program. Termasuk dalam pelayanan KB. Melalui Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKM NU) secara intensif melakukan pelayanan KB, pelayanan kesehatan Ibu dan lain-lain. “Komitmen untuk mensejahterakan umat, kami nomor satukan,” tutur Nurhalimah.

Sementara itu Bupati Brebes berharap Muslimat NU dapat berperan membantu pendidikan keagamaan bagi anak-anak dan remaja. Anak sebagai cahaya kehidupan akan meneruskan estafet pembangunan bangsa, untuk itu perlu dipersiapkan sedini mungkin kualitasnya. “Pada jam 18.00 sampai 20.00, hendaknya jangan menghidupan televise dan radio. Berilah kesempatan anak-anak kita untuk belajar mengaji,” pinta Bupati. ♦ nuo

Baca juga

Muslimat NU Kota Kediri Sambut Antusias Pelatihan Kebencanaan

MNU Online | KEDIRI – 100 anggota Muslimat NU Kota Kediri mengikuti kegiatan Penyebaran Informasi …

Watch Dragon ball super