Muslimat NU Jateng Minta Masyarakat Jaga Harmoni Keluarga

muslimat-jateng

MNU Online | BREBES -Angka perceraian yang tinggi di Kabupaten Brebes yang cukup tinggi, ternyata didominasi oleh permintaan gugat cerai daripada talak. Artinya, perceraian yang terjadi itu banyak diakibatkan dari permintaan kaum perempuan.

Hal ini membuat galau Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat NU Jawa Tengah Ismawati saat memberi sambutan puncak Hari Lahir (Harlah) ke-66 Muslimat NU Kabupaten Brebes di Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang Kidul, Jatibarang, Sabtu (31/3).

“Permintaan perceraian itu, justru datang dari kaum perempuan, akibat dipicu oleh ulah perempuan yang telah mengambil peran sebagai laki-laki. Untuk itu, dia meminta kepada Nahdliyin (warga NU) untuk mempelopori menjaga keharmonisan keluarga bangunan keluarga agar tetap kokoh, sakinah mawadah warahmah,” harapnya.

Ia mengungkap, sebuah survei yang dilakukannya bersama-sama mahasiswanya, saat di pantura barat Jateng terdapat 70 sampai 90 prosen permintaan angka perceraian datang dari kaum hawa. Kekeliruan penerapan emansipasi wanita menjadi faktor utama. Di mana perempuan lebih dominan mengambil fungsi peran lelaki.

Sementara faktor perselingkuhan laki-laki, juga turut menjadi pemicu permintaan perceraian. “Ketika perempuan sibuk kerja jadi TKW, hasil kerjanya malah dimanfaatin laki-laki buat selingkuh,” kritiknya.

Ismawati meminta para daiyah dari Muslimat NU agar lebih intensif menyampaikan dakwahnya, terutama kitab Uqudulujain. Ketika istri melayani suami maka harus diservice dengan sempurna. Demikian juga dengan para suami harus mengetahui hak-hak istri.Yang perlu ditandaskan, wanita itu menjadi penting dalam pembangungan bangsa.

“Perannya tidak bisa diragukan, sebab Anisau Imadul bilad, wanita itu tiang negara, kalau wanitanya kokoh, maka kokohlah negara itu, demikian juga sebaliknya,” tandasnya.

Dalam puncak harlah tersebut, Muslimat NU Brebes mendapat penghargaan dalam pencapaian terbanyak pelayanan KB se Jawa Tengah. Juara kedua diraih Muslimat NU Sragen dan Juara III Muslimat NU Banjarnegara.

Ketua PC Muslimat NU Sragen, Meutia Chudlori merasa senang atas penghargaan yang diterimanya. “Terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Ini menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Menurut Ketua PC Muslimat NU Brebes, Nurhalimah SH menjelaskan, dalam harlah tahun ini melakukan berbagai kegiatan. Antara lain pelayanan KB, bakti sosial, sunatan masal, lomba barzanji, dan lain-lain.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Brebes H Agung Widyantoro SH MSi, Ketua PC NU H Athoillah MSi, unsur BKKBN Jawa Tengah, dan sekitar 10 ribu Nahdliyin. ♦ mil/tia

Baca juga

Muslimat NU Kota Kediri Sambut Antusias Pelatihan Kebencanaan

MNU Online | KEDIRI – 100 anggota Muslimat NU Kota Kediri mengikuti kegiatan Penyebaran Informasi …

Watch Dragon ball super