Cetak Perempuan Kreatif Lewat Pelatihan Life Skill

batik_oke

TINGKATKAN STATUS: Membatik khas Mojopahit, salah satu pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM perempuan. | Foto: MNU Online

MNU Online | MOJOKERTO – Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Mojokerto berperan aktif mencetak kaum perempuan kreatif melalui pelatihan life skill. Salah satu pelatihan yang telah digelar beberapa kali, adalah membatik khas Mojopahit.

“Sudah pernah melakukan pelatihan membatik khas mojopahit. Bahkan, 2 tahun berturut. Untuk remaja dan lansia yang tujuannya selain melestarikan budaya juga dalan rangka untuk pengembangan ekonomi lokal,” kata Ketua Muslimat NU Kota Mojokerto, Hj Muslimah Muthoharun, Kamis (4/5).

Menurutnya, pelatihan itu selalu mendapat respon positif dari para peserta. Kini, lulusan pelatihan Muslimat Mojokerto sudah bisa mengembangkan ketrampilannya.

“Responnya bagus. Sebagian peserta bhakan sudah mulai ikut berproduksi. Yang melatih adalah Ketua Ranting Muslimat dan sekarang juga mewakili mojokerto ikut lomba desain batik khas Mojopahit tingkat Jatim,” jelasnya.

Soal pemasaran, ia mengatakan, hasil kerajinan ibu-ibu Muslimat Mojokerto telah tersebar ke seluruh Indonesia, dan bahkan luar negeri.  “Pemasaran selama ini dari relasi Muslimat. Sudah dibawa ke Jepang tapi oleh pihak ketiga. Sekarang ini sedang kita upayakan ada manajemen dan marketing yang khususn nagani itu,” katanya. ♦ mil

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super