Cegah Baby Boom, Muslimat NU Cilacap Gelar KB Massal

kb-massal

KOMITMEN: Muslimat di daerah komitmen dengan program yang digerakkan dari pusat. | Foto: MNU Online

MNU Online | CILACAP – Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Cilacap bersama Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Kabupaten Cilacap, TP PKK Kabupaten Cilacap serta Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menggelar pelayanan KB masal, Selasa, 26 Februari 2013.

Menurut Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Cilacap Dra Hj Nasirotudiniyah, pelayanan KB masal bersama dengan instansi terkait didukung oleh gerakan yang sama di masing-masing anak cabang.

Hal itu merupakan bentuk kepedulian Muslimat NU terhadap program Keluarga Berencana yang menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadinya “baby boom” atau ledakan kelahiran bayi yang membuat jumlah penduduk Indonesia tidak terkendali.

“Muslimat sejak dulu sudah komitmen dengan program ini yang digerakkan dari pusat hingga ranting, jadi ini bagian dari pelaksanaan program Muslimat pusat,” kata dia.

Jika masing-masing ranting menyertakan 5 anggotanya saja untuk mengikuti KB masal berarti lebih dari 1000 peserta KB disumbangkan oleh kader-kader Muslimat di 284 desa di Kabupaten Cilacap. “Yang utama bukan jumlahnya namun agar gerakan ini sampai ke masyarakat sehingga masyarakat ikut tergugah untuk mengikuti program KB,”ujar dia.

Terpisah Ketua TP PKK kabupaten Cilacap Hj Tetty Suwarto Pamuji mengatakan kerjasama yang dilakukan dengan Muslimat terkait dengan pelayanan KB masal merupakan satu dari sekian kerjasama yang sudah terjalin dengan baik.

“Kita berharap peran-peran yang lebih besar dari Muslimat NU Kabupaten Cilacap dalam ikut serta menyukseskan program Bangga Mbangun Desa,”kata Tetty. Tetty mengakui pelayanan KB masal merupakan gerakan yang massif untuk menyukseskan program KB yang juga menjadi salah satu pilar dari empat pilar program Bangga Mbangun Desa yakni pilar kesehatan.

“Alhamdulillah Muslimat NU Kabupaten Cilacap benar-benar telah memberikan karya nyatanya semoga dengan cara seperti ini sinergi yang dibangun antara pemerintah kabupaten dengan seluruh elemen yang ada termasuk Muslimat NU dapat terus dijaga.

“Kami merasa terbantu dengan kiprah Muslimat NU di Cilacap, mudah-mudahan ini merupakan pertanda yang baik bahwa apa yang dilakukan NU termasuk muslimatnya benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat Cilacap,” beber Tetty yang berasal dari keluarga Pondok Pesantren Elbayan Majenang Cilacap. • nuo

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super