Berbagi untuk Anak Negeri

Muslimat NU DIY-Gunungkidul Droping Air di Wilayah Kekeringan


DROPING AIR: Pengurus PW Muslimat NU DIY dan PC Muslimat NU Gunungkidul berpose bersama usai kegiatan droping air. | Foto: PCMNU Gunungkidul

MNU Online | GUNUNGKIDUL – Di bulan Muharram, PW Muslimat NU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan PC Muslimat NU Gunungkidul menggelar serangkaian kegiatan kemanusiaan.

Kegiatan di antaranya peduli etnis Rohingya dengan melakukan penggalangan dana, serta Muslimat NU Berbagi untuk Anak Negeri dengan mengambil lokasi di Gunungkidul yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.

Rangkaian kegiatan digelar sejak 29 September dan puncak acara dipusatkan di daerah Tepus, bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

“Dalam kegiatan ini PW dan PC Muslimat NU Gunungkidul membagikan sembako, serta puluhan tangki air untuk membantu kebutuhan air masyarakat sekitar,” terang Ketua PW Muslimat NU DIY, Nyai Hj Malik Madani.

(Baca: PWMNU DIY: Peran Muslimat NU Dibutuhkan dalam Kemajuan Bangsa)

Sementara Ketua PC Muslimat NU Gunungkidul, Hj Badi’ah sangat berterimakasih atas kerjasama ini. “Semoga kegiatan ini dapat terus menjadi agenda rutin setiap tahunnya,” ujarnya.

Selain kegiatan sosial, acara juga diisi dengan pengajian agama yang menghadirkan Nyai Hj Ida Zaenal, pengasuh Pondok Pesantren Putri Krapyak Bantul.

Dalam taushiyahnya, dia menerangkan bahwa tanggal 10 Muharram adalah hari jadi manusia dimana Adam dan Hawa dipertemukan.

(Baca: PWMNU DIY: Ketahanan Keluarga Perlu Rambah Komunitas Bapak-bapak)

Islam, katanya, mengajarkan manusia untuk tetap fight dalam keadaan apapun, termasuk dalam kondisi kekeringan tetap harus semangat sebagai wujud penghambaan kepada Allah Swt.

“Sebab manusia diciptakan sebaik-baiknya mahkluk di muka bumi ini. Contohnya kita tetap bisa bertayamum dalam keadaan tidak ada air,” katanya.

Usai pengajian, kegiatan dilanjutkan dengan droping air ke daerah Semanu, Girisubo, Tepus dan Panggang. •retnoningsih

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super