Muslimat NU Gencar Siapkan Kube Jadi Koperasi Berbadan Hukum

 UCAPAN SELAMAT: Ketum Khofifah saat memberi ucapan selamat atas pelantikan pengurus PC Muslimat NU Lamongan periode 2016-2021. | Foto: MNU Online

UCAPAN SELAMAT: Ketum Khofifah saat memberi ucapan selamat atas pelantikan pengurus PC Muslimat NU Lamongan periode 2016-2021. | Foto: MNU Online

MNU Online | LAMONGAN – Hingga kini baru ada tiga koperasi wanita yang memiliki induk, yakni Inkopwan (Induk Koperasi Wanita) milik Kopwani, Inkowapi (Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia) punya Iwapi dan Inkopan (Induk Koperasi An Nisa) milik Muslimat NU.

Sebenarnya dalam Kongres Muslimat NU 1979 di Semarang sudah diputuskan agar membentuk koperasi. Namun di tahun itu masyarakat maupun pihak swasta tidak memungkinkan membentuk koperasi berbadan hukum.
Baru kemudian di 1994 setelah PP Nomor 4/1994 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengesahan Akta Pendirian dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi turun, Muslimat NU bergerak cepat untuk mendirikan koperasi.

“Pada 1995 saya termasuk yang keliling ke 16 provinsi waktu itu, akhirnya kita dalam waktu cepat bisa mendirikan koperasi primer berbadan hukum,” tutur Ketua Umum PP Muslimat, Khofifah Indar Parawansa usai menghadiri Harlah ke-70 dan Pelantikan PC Muslimat Lamongan di Alun-Alun Kabupaten Lamongan, Minggu (17/4).

Sekarang, lanjut Khofifah, yang dalam bentuk kelompok usaha bersama (Kube) sedang disiapkan supaya menjadi koperasi berbadan hukum. “Dengan berbadan hukum kemungkinan training bagi pengurus bisa lebih leluasa. Lalu jejaring dengan akses kredit, misalnya, juga bisa leluasa. Begitu juga dengan market juga lebih leluasa.”

Apakah upaya pembentukan ini akan dilakukan sampai tingkat ranting? “Tergantung kesiapan lembaga ini apakah ia misalnya layak diangkat menjadi koperasi berbadan hukum, nanti ada verifikasinya,” tandasnya.

Karena itu Khofifah bersyukur beberapa Kube di Lamongan sudah menjadi koperasi. “Ini bagian dari upaya Muslimat NU dalam penguatan dakwah bil maal. Saya meminta tolong dakwah bil lisan, bil hal dan bil maal agar dikuati. Saya minta ibu-ibu yang rajin hadir di majelis pengajian Muslimat NU,” tuntasnya. ♦ nur

Baca juga

SILATURAHIM PP MUSLIMAT NU-WAPRES: Silaturahim Pengurus PP Muslimat NU dengan Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/7). | Foto: MNU Online

Temui Wapres JK, Khofifah Sampaikan Keberhasilan Muslimat NU di Pilkada

MNU Online | JAKARTA – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super