Kinerja Jamiyah

Muslimat NU Jember Evaluasi Kinerja Lewat Kuesioner


EVALUASI KINERJA: PC Muslimat NU Jember menggelar “kuesioner” lewat Forum Komunikasi PC dan PAC Muslimat NU di Aula Yayasan Pendidikan Al Mahrus Arjasa. | Foto: PCMNU Jember

MNU Online | JEMBER – Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Jember melakukan evaluasi program untuk mengukur kinerja pengurus, terhitung sejak pelantikan pada April 2015-Agustus 2017.

Cara yang dilakukan yakni memberikan “kuesioner” pada pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) lewat Forum Komunikasi PC dan PAC Muslimat NU se-Kabupaten Jember di Aula Yayasan Pendidikan Al Mahrus Arjasa, Minggu (6/8) lalu.

(Baca: Muslimat NU Jember Usung Konsep Trading Berbasis IT dan Syariah)

“Ada lima pertanyaan yang harus diisi, serta tiga usulan atau masukan untuk cabang tanpa menyertakan identitas yang menjawab,” tutur Ketua PC Muslimat NU Jember, Dra Nyai Hj Emi Kusminarni, Selasa (8/8).

Mengapa tidak menyertakan identitas pengisi kuesioner? “Untuk memberi keleluasaan dalam mengkritisi kinerja pimpinan cabang Jember,” tandasnya. Sedangkan lima pertanyaan yang diajukan, yakni:

1. Apakah menurut anda program cabang sudah banyak yang terealisasi?
2. Program apa yang penting menurut anda tapi belum digarap cabang?
3. Menurut anda apakah cabang sudah cukup dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain?
4. Apakah i’anah syahriyah/iuran wajib anggota sudah layak dilakukan di Jember?
5. Dalam struktur kepengurusan di cabang sudahkan menurut anda berjalan dengan baik?

Dari 40 lembar pertanyaan dan jawaban yang masuk, rata-rata mengakui program PC sudah banyak yang terealisasi meski beberapa di antaranya belum.

“Rata-rata dari Ancab juga menginginkan adanya pelatihan untuk pemberdayaan perempuan (life skill). Sedangkan untuk i’anah syahriyah masih sebagian yang jalan,” terang Emi.

Usulan lain dari PC, lanjutnya, yakni permohonan untuk tidak terjun ke politik praktis, namun lebih fokus pada penyelamatan diri dari faham radikal dan sesat.

(Baca: Cegah Majelis Taklim ‘Direbut’ Orang Lain, Muslimat NU Jember Perkuat Ranting)

Emi menambahkan, dalam merespon evaluasi kerja ini, dia mengaku sangat senang dengan keterbukaan dan masukan dari PAC. “Ini tidak lebih untuk kemajuan Muslimat NU Jember,” katanya.

Selain itu, “Permasalahan dan PR kami agak banyak, perlu kerjasama dan sama-sama kerja antara PC dan PAC, ranting serta anggota Muslimat NU,” tandasnya.• nur

Baca juga

Beri Penguatan, Muslimat NU Sulsel Sambangi Pengungsi Rohingya di Makassar

MNU Online | MAKASSAR – Di tengah sorotan dunia tertuju ke Myanmar terkait tragedi kemanusiaan …

Watch Dragon ball super