Kesehatan Masyarakat

Muslimat NU Jember Launching Gerakan Temukan TB/TBC


TEMUKAN TB/TBC: Pengurus PC Muslimat NU Jember menyebarkan brosur Gerakan Temukan TB/TBC. | Foto: PCMNU Jember

MNU Online | JEMBER – Mencengangkan. Jember yang berpenduduk 2.419.589 jiwa, tercatat menjadi kabupaten/kota dengan angka tertinggi kedua setelah Surabaya dalam kasus TB (Tuberkulosis) di Jawa Timur.

Merujuk data Koalisi Masyarakat Peduli TB Kabupaten Jember, jumlah TB di kabupaten ini mencapai 3.315 kasus pada 2016 dengan tingkat temuan kasus dari potensi sebesar 43,4 persen. Angka ini meningkat hampir tiga kali lipat dari 2015.

Angka penderita TB ini menyebar di setiap kecamatan. Bahkan temuan relawan di setiap desa/kecamatan ada 13 pasien Tb dari 248 desa/kelurahan di Jember.

Melihat situasi ini, PC Muslimat NU Jember melakukan launching Gerakan Temukan TB/TBC dengan menyebar brosur untuk memberikan pemahaman apa dan bagaimana Tb.

(Baca: Santuni Anak Yatim, Wabup Apresiasi Kinerja Sosial Muslimat NU Jember)

“Penyakit ini mempunyai dampak negatif terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat di daerah,” kata Ketua PC Muslimat NU Jember, Dra Nyai Hj Emi Kusminarni, Jumat (13/10).

Selain menurunkan produktifitas karena penderita Tb kekebalannya menurun, lanjut Emi, juga berdampak pada beban ekonomi yang semakin meningkat untuk biaya pengobatan yang ditanggung keluarga.


SUPPORT PEMKAB: Brosur Gerakan Temukan TB/TBC yang disebar PC Muslimat NU Jember. | Foto: PCMNU Jember

Sebenarnya, kata Emi, Pemkab Jember sudah memiliki komitmen untuk mengatasi penyakit Tb. Hal itu tertuang dalam dukumen RPJMD 2016-2021 pada misi kedua: Mewujudkan pemenuhan dasar masyarakat yang berkeadilan.

“Hanya sayangnya anggaran kesehatan belum berpihak pada upaya maksimal penanggulan Tb,” tandasnya.

(Baca: Ketua PCMNU Jember: Manasik Tumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini)

Nah, dengan Gerakan Temukan TB/TBC ini Muslimat NU Jember turut peduli dan membantu pemerintah untuk menyisir penderita penyakit tersebut. “Ini juga untuk memberikan pemahaman apa dan bagaimana Tb,” ucapnya.

Wakil Bupati Jember, Drs KH A Muqit Arief mengapresiasi gerakan ini dan menyampaikan terima kasih atas program kongkret dan bermanfaat dari Muslimat NU. Begitu juga dengan Kepala Dinas Kesehatan Jember, Siti Nurul Qomariah.• nur

Baca juga

Ketua Laskar Anti Narkoba se-Kota Malang Dibekali UU Narkotika

MNU Online | MALANG – Tak hanya digembleng lewat berbagai pelatihan teknis, para ketua Laskar …

Watch Dragon ball super