Muslimat NU Kabupaten Jember Gelar ToT Bahaya Penyakit Tak Menular

jember

TOT: PC Muslimat NU Kabupaten Jember menggelar Training of Trainer (TOT) mengenai bahaya penyakit tidak menular. | Foto: MNU Online

MNU Online | JEMBER – PC Muslimat NU Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar Training of Trainer (TOT) mengenai bahaya penyakit tidak menular, Sabtu (20/8). Penyakit tak menular di antaranya diabetes, hipertensi, jantung, kanker dan gagal ginjal.

Acara diikuti 100 orang peserta terdiri dari unsur ketua, sekretaris dan bidang kesehatan PAC Muslimat NU Jember. Sedangkan pemberi materi yakni Tania Rahayu dan Jamaludin dari BPJS Cabang Jember dan Jawa Timur.

Ketua Umum PC Muslimat NU Jember, Hj Emi Kusminarni menjelaskan, pembahasan dalam acara tersebut lebih menitikberatkan pada penyakit yang riskan dialami banyak perempuan. “Yakni kanker rahim, kanker serviks dan kanker payudara,” katanya.

Dalam acara yang digelar untuk turut menyehatkan Indonesia tersebut juga diselenggarakan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) dan Pap Smear. “Dalam hal ini Muslimat NU bekerjasama dengan Laboratorium Klinik Parahita,” jelasnya.

Emi menyampaikan harapannya kepada peserta agar ilmu yang didapatkan lewat acara ini untuk disosialisasikan. “Transfer ilmu yang didapatkan dapat dilakukan melalui pengajian,” tambahnya.

Salah satu peserta ToT, Hj Safitri MPd I menyatakan sangat senang bisa mengikuti acara tersebut. “Amat bermanfaat karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” kata pengurus PAC Muslimat NU Jenggawah tersebut. ♦ dwa

Baca juga

Muslimat NU Kota Kediri Sambut Antusias Pelatihan Kebencanaan

MNU Online | KEDIRI – 100 anggota Muslimat NU Kota Kediri mengikuti kegiatan Penyebaran Informasi …

Watch Dragon ball super